Kenapa saya yang harus bertobat?!

Waktu musuh "mencium" dengan kecurangan
Pertobatan memampukan kita melepaskan kasih

kecurangan itu membuat musuh: salah
dan
saya yang disakiti: benar

kok saya yang bertobat?!


#1 DOA YESUS

umumnya...
orang yang sudah tahu mau meninggal *klo sempat*...tentunya...dia berusaha meninggalkan "kata-kata emas" buat orang yang dikasihinya...dan...berharap mereka mengingat dan melakukannya

demikian pula Yesus
menjelang kematianNya di kayu Salib
Yesus juga memberikan pesan yang penting untuk kita yang hidup sesudah kematianNya

tahun 2017 saya belajar Kitab Yohanes di BSF dan dapat sesuatu yang baru

dalam Alkitab berbahasa Indonesia...Yohanes 17 dijadikan satu
dalam Alkitan berbahasa Inggris (Bible)...Yohanes 17 pecah menjadi 3 bagian

bagian 1: Yohanes 17:1-5 Jesus prays to be glorifies
bagian 2: Yohanes 17:6-19 Jesus prays for His disciples
bagian 3: Yohanes 17: 20-26 Jesus prays for ALL BELIEVERS



menarik bagian yang ketiga


ternyata DOA YESUS untuk semua ORANG PERCAYA adalah PERSATUAN didalam TUBUH KRISTUS supaya DUNIA PERCAYA
(unsur-unsur percaya itu kemudian dijelaskan dijabarkan diayat" berikutnya)

Yesus memberi peringatan bahwa perpecahan akan menjadi bahaya yang mengancam dalam tubuh Kristus


kita yang aktif dalam gereja
kita yang berada dalam perkumpulan orang percaya
kita yang gaul di media sosoal

mengalami dan merasakan berbagai bentuk PERPECAHAN didalam TUBUH KRISTUS


waktu kebenaran dipake untuk menyerang dan "membunuh" kekasih Kristus lainnya
waktu saya merasa si kekasih Kristus lainnya perlu "diajar" dengan kebenaran
waktu saya merasa Allah dipihak saya yang benar dan perlu "beracara" dengan dia yang salah

dan...banyaaaaaaaaak lagi yang lain

saya juga mengalami itu semua dimana": didalam dan diluar gereja!
sangat real!
setiap hari!


perjalanan selama lebih dari 4 tahun
dengan segala jenis WHY
akhirnya jiwa saya dipuaskan dengan suatu jawaban

here we go...


#2 PINDAH POSISI yang TIDAK DIHARAPKAN

----------------------------------
selama salah dan benar jadi patokan
keadilan Tuhan juga selalu jadi "senjata" untuk membela
dan semua pihak selalu merasa "benar"
dan semua pihak berteriak minta "dibela"
----------------------------------
waktu benar ato salah coba digeser sedikit (ato banyak)
saya ketemu dengan kata pertobatan
----------------------------------

sekian lama saya berpikir...
mereka (yang menyakiti saya) lebih layak dihukum daripada diampuni
simplenya seperti ini...kesialan apa kek perlu terjadi supaya mereka sadar
...ternyata waktu saya merasa benar...kebenaran (versi saya) bisa jadi senjata powerful untuk menghacurkan perpecahan dalam tubuh Krisus hanya karna saya merasa saya perlu dibela

sekian lama saya berpikir
mereka (yang menyakiti saya) "perlu diproses" untuk bertobat
...ternyata saya yang perlu bertobat dari kebenaran saya dan tunduk pada kebenaran Allah
kebenaran Allah: sayalah Ria diberi anugerah kelayakan untuk mendapat kasih karunia saat saya pantasnya dihukum dan dibinasakan karna dosa

waktu saya menolak untuk bertobat...sesungguhnya saya sementara menjadikan diri saya, pribadi yang mempunyai potensi besar sebagai penghancur persatuan dalam tubuh Kristus


dan itu terjadi!!!

saya pindah dari pihak yang DISAKITI menjadi pihak yang MENYAKITI

kesalah saya waktu itu fatal sekali...
sayalah pemicu gereja tempat saya beribadah ditutup *nah loh*

sangking fatalnya...ke-TIDAK-LAYAK-kan SAYA SANGAT NYATA
sangking real-nya....saya gak perlu bantuan orang lain untuk menyatakan ketidaklayakan saya itu
sangking telak-nya...saya sama sekali gak punya alasan untuk beda diri...alasan untuk dihukum banyaaaaak!

aHa!
si BENAR-RIA yang suka meminta keadilan Tuhan kepada orang yang menyakiti dia...
sekarang jadi si JAHAT yang SANGAT TIDAK LAYAK DIAMPUNI





BINGO!!!domba itu saya!


#3 WAKTU ke-TIDAK-LAYAK-kan BERTEMU dengan KASIH KARUNIA

PUJI TUHAN!
itu terjadi dalam hidup saya

setelah sekian lama hidup...
saya diijinkan untuk mengalami yang namanya: KESALAHAN TELAK&FATAL!

saya pernah dengan quote seperti ini...if not in this way you won't repent

yupe! akhirnya saya mengerti...
klo dosa saya tidak fatal...kasih karunia itu berasa tawar bro! *sigh*

akhirnya saya mulai memohon pengampunan

doa
doa
doa
doa
doa
dan

terus berdoa untuk memohon ampun
tapi pertobatan tidak pernah terjadi

akhirnya...atas kasih karunia Allah saya jadi bisa mengerti perbedaan...


pertobatan hasil usaha saya dan pertobatan hasil karya Allah

bedanya disatu titilk: RADIKAL!

pertobatan hasil usaha saya stop di TOMAT (TObat kuMAT)
pertobatan hasil karya Allah dalam diri saya...
membuat saya sadar dan mengerti betapa tidak layaknya saya karna dosa
mampu membuat hati saya berbalik dari jalan saya yang salah 
RADIKAL!

RADIKAL jenis ini hanya bisa dikerjakan oleh ALLAH!

pertobatan lahir waktu 
titik terendah ke-tidak-berdaya-an & ke-tidak-layak-an saya 
bertemu dengan 
titik tertinggi kasih karunia Allah


dan...yang ini hanya bisa dikerjakan oleh Allah



Hukuman yang harusnya saya terima dan alami
...ditimpakan kepada Yesus
saya bebas dari hukuman atas kejahatan saya
...karena kasih karunia Allah didalam Kristus


saat kamu mengerti dan mengalami kasih karunia
mengampuni itu jadi effortless

karna saat itu...

kantung jiwa saya yang tadinya diisi penuh dengan kebenaran saya...
mulai berganti dengan kasih karunia...

makin lama dibentuk...
makin sering diproses...
kasih itu makin mudah terlepas

saya mulai sadar identitas ketidaklayakan saya didalam kasih karunia Allah

karna saya dan dia (musuh yang mencium dalam kecurangan)
...sama" tidak layak
...sama" dikasihi oleh Yesus

itulah sebabnya

saya perlu bertobat!

karena

Pertobatan membuat Kasih Yesus terlepas

Kasih Allah itu yang 
menjaga PERSATUAN dalam TUBUH KRISTUS 
(bukan usaha saya)




Comments

Popular posts from this blog

Good Housewife Vs. Working Woman

Surprise di awal tahun