Batak Culture

Sharing pengalaman nih…

Sebagai orang Indo pasti kita tau dong suku Batak, tapi yang aku alami ternyata buat aku sadar, budaya batak ini gak sesederhana yang aku pikirkan.

Masa kecilku aku lewatkan dalam lingkungan orang Batak…kurang lebih 8 taon di Bogor, ceritanya waktu itu papaku lagi kuliah di IPB dan kita join dalam perkumpulan keluarga Batak gitu. Setelah pisahan bisa dibilang aku hampir gak pernah lagi bergaul ama orang Batak, tau budayanya pun cuman dari TV doang.

Nah setelah sekian lama akhirnya ketemu juga ama orang Batak yang namanya Torkis dan mulailah diriku mempelajari budaya Batak yang rada ribet dikit tapi menarik. Misalnya nih…panggilan untuk om & tante berbeda-beda, om dan tante dari papa panggilannya beda ama om dan tante dari mama. Contohnya nih…

Kakak laki2 dari Papa dipanggil Amang Tua
Adik laki2 dari Papa dipanggil Uda
Istri dari Uda dipanggil Inang Uda
Sodara perempuan dari Papa dipanggil Namboru

Sodara laki2 dari Mama dipanggil Tulang
Istri Tulang dipanggil Nan Tulang
Adik perempuan dari Mama dipanggil Tante

Sesama perempuan manggilnya Eda
(contohnya nih, seperti di AFI si Cindy manggil si Pasha..Eda Pasha demikian sebaliknya)

Istilah yang lain aku sendiri masih bingung…daripada menyesatkan mending segini aja deh penjelasannya :D

Waktu di Spore aku kenal ama banyak banget orang Batak, dan aku manggilnya gampang banget…bagi para om dipanggil Amang (artinya Bapak) dan bagi para tante dipanggil Inang (artinya Ibu). Nah…begitu ke Indonesia otomatis panggilan Amang dan Inang gak berlaku lagi, panggilan harus berdasarkan statusnya, yah yang kayak tadi itu, statusnya adik ato kakaknya papa…dst. Aku sempat salah manggil *sampe sekarang ding* harusnya manggil Inang Uda aku panggil Namboru, harusnya panggil Namboru aku panggil Nan Tulang…tuh kan bingung jadinya…hehehehe…tapi justru semakin bingung semakin menarik *for me*

Hal baru lainnya yang menarik bagiku dari budaya Batak ini adalah Bahasanya, sejak di Spore aku udah mulai belajar bahasa Batak dari eda Tonggo tercinta, ceritanya kita saling mengajari, aku ajarin dia bahasa Thai (yang ancur karna aku sendiri gak bisa) dan gantian dia ngajarin aku bahasa Batak (yang dia sendiri gak segitu menguasai) jadi kita berdua ibaratnya orang buta menuntun orang buta *huehuehuehuehue*…piss ya Go…

Kalimat pertama yang aku pelajari dari eda Tonggo ini “mauliate godang” ato terima kasih banyak…dan masih banyak lagi. Ada pengalamanku yg menarik… kita (aku dan Torkis) bergereja di HKPB Singapore yang gak setiap minggu pake bahasa Indonesia, ada juga yang 100% pake bahasa Batak…kebayang deh pertama kali ikutan ibadah…pas saatnya orang harus merem aku malah melek, ntar pas ngeliat kanan kiri pada merem semua barusan ikutan merem *hehehehe* tapi pas saatnya buka mata mah pasti tau…tinggal nunggu kata AMIN aja *huehuehuehue*…tapi sekarang udah hapal…kalo ada kata2 “martangiangan mahita” (terjemahan bebas: mari kita berdoa) langsung deh merem…*huehuehuehuehue*

Trus ada acara Gereja yang namanya Parheheon Naposo Bulung yang klo gak salah artinya Kebangkitan Pemuda. Waktu itu aku ikutan choir-nya Naposo Bulung (pemuda) dan berarti aku harus nyanyi lagu dalam bahasa Batak…dan waktu itu kita nyayi sekitar 6 lagu ada Tole Endehon, Di Pasu Pasu, dll *lupa nih* abis udah setaon yang lalu…dan aku bisa hapal semua kata2nya cuman sampe sekarang kagak tau artinya…jadi yah begitu pas nyanyi penghayatannya juga pas2an abis kagak ngerti gimana mo mengekspresikan…ntar takutnya gak nyambung…harusnya sedih malah senyam-senyum dan saatnya senyum2an malah pasang tampang serius…hehehehehe …tapi beruntunglah ada my bro and sis yang mau nejermahin artinya biar gak salah action pas nyanyi :D

Buatku sendiri ini pengalaman yang sangat menarik, masih ingat sharingku tentang language? Rasanya asyik2 aja klo belajar hal2 baru dari kebudayaan lain apalagi kalo yang punya budaya itu ehm..ehm..kita sendiri :D..akan semakin menarik deh..at least yang aku jalani sekarang ini istilahnya Learning by Doing yang punya resiko melakukan kesalahan, tapi tetep harus Doing kan, klo gak gitu mana bisa Learning…iya gak?!

Well...buat Ito Alid, Eda Sisca (wa kawaii) dan Eda Lydia (Princess) kalo ada yang salah dari ceritaku hari ini jangan diketawain ya apalagi sampe marah…maklumlah seorang pemula :D

Dan 2 minggu yang lalu aku udah resmi menjadi orang Batak dan diberi marga orang Batak…menjadi Boru Sibarani…cerita mengenai acara adat diberi marganya besok aja yaahh…udah malam nih pengen bobo…

Gud Nite everybody ^_^

Eiitt…ntar dulu…Thanks buat semua yang udah kasih Congrat ama Wishes-nya yaaa…All the best for you too…dan jangan lupa terus doain kita yaaa…^_^

Comments

Popular posts from this blog

Surprise di awal tahun

NO maid + no BS = ?

Siang & Malam