Teaching Experience

Postingan ini terinspirasi dari blognya si natalie


Kayak-kayaknya nih aku ini punya bakat jadi teacher deh *huehueheuhe*...ge-er banget yaa...ntar dulu maksudnya niat dan keinginan besar tapi prakteknya sukses ato gagal...kagak dijamin deh!!! hueheheuuhee

Misalnya nih dulu waktu sma aku udah mulai jadi Sunday school teacher, abis gitu dilanjutin sampe kuliah, tapi gak lama karna akhirnya aku jadi lebih aktif ke kegiatan kampus, tapi keinginan untuk ngajar tetep aja…nah pas taon 97 *jaman krismon* kampus-ku sering bagi2 sembako gratis, aku waktu itu jadi tukang bagiin kupon sembako…bedua ama temanku kita pergi ke perkampungan yg deket kampus…teryata ada beberapa tempat kumuh diantara gedung2 tinggi dan boarding house yang megah2. Penghuni tempat inilah yang mendapat sembako gratis.

Pas aku keliling dari rumah ke rumah yang kumuh banget itu…aku jadi kasian banget apalagi ngeliat anak2 yang pada gak sekolah karna ortu-nya gak ada duit buat nyekolahin. Akhirnya semangat itu timbul lagi *pengen ngajaarrrrrr* dan aku mulai buat planning:

Mulai kontak teman2 yang mau jadi teacher *terkumpul 12 orang*, hubungi Pak RT setempat minta data anak2 yang mau join, gumpulin kertas2 bekas dari TU *Tata Usaha*, beli segala macam perlengkapan mengajar *klo yang ini duit-nya dari para pengajar* (karna ini judulnya GRATIS jadi semua kita yang sediaiin), visiting para ortu untuk kasih pengertian klo kita kasih les GRATIS *bahkan ada ortu yang mo kasih rumahnya buat tempat kita ngajar*

Semangat lagi *hehehhe*

Tapi sayang teramat sayang…pas persiapan udah dimulai ternyata para teachers sibuk dengan demonstrasi *termasuk saya* …waktu itu sibuk banget dan dari kampus wanti2 kita jangan sampe buat masalah dengan masyarakat sekitar…so…batal deh

Menjelang aku mengakhiri masa bachelor degree *ciiieee* kembali lagi aku liat kesempatan buat ngajar, aku kumpulin anak2 sekitar kos2an-ku, kli ini planning-nya gak se-bagus yang dulu karna anak2 ini semuanya udah sekolah cuman aku pengen ngasih bantuan ke mereka aja…jujur aja aku gak pengen ngasih private less gitu karna pertama aku harus kerumah mereka *ogah* kedua, emang aku pengen banget kasih private less yang gratis sejak dulu…oleh karna itu aku mutusin ngajar anak2 di sekitar kos aja *yg notabene gak mampu*

Dalam waktu beberapa hari terkumpulah 5 orang teacher dan kita bagi dalam 6 kelas *aku sendiri megang 2 kelas* dan si Bapak kos ngijinin rumah dia dijadiin tempat les…setiap sore kos2an ku rame dengan anak2 kecil…ada yang diteras…ada yang di ruang tamu bahkan ada yang masuk sampe keruang tv segala…dan aku bersyukur banget gak ada satupun dari teman2 se-kos yang mengeluh karna ribut *malah ada yg bantuin*

Aku ingat pernah sekali ada anak yang sakit *1 minggu gak kesekolah*…akhirnya setelah ngasih les aku dianterin anak2 les2an pegi kerumah anak ini…ternyata rumahnya itu di gang yang sempit sekali dan dia tinggal di satu kamar dengan papa, mama dan adik dia…semua aktifitas kehidupan mereka lakukan disana…waktu ngeliat gitu terlintas dua pikiran pertama “duh kasian sekali orang2 ini…hidupnya bener2 terbatas” dan kedua, “terima kasih Tuhan…Engkau menyediakan segala sesuatu yang baik buatku”. Aku gak men-judge hidup mereka susah bisa aja mereka bahagia tapi mereka bener2 terbatas dalam hal materi *misalnya*…tapi aku tetap bersyukur klo Tuhan itu udah buka jalan buat aku untuk berbagi dengan mereka…mungkin bukan dalam hal materi tapi berbagi ilmu yang udah aku dapat aja…udah buat aku bahagia sekali

Tapi semua itu gak berjalan lama karna selesai itu aku harus berangkat ke Bangkok…*yaahhh*

HHhhh…setelah baca blog-nya si Natalie ini…jadi pengen ngajar lagi…

We don’t have to be a rich people to give something to others, right?!

Comments

Popular posts from this blog

Good Housewife Vs. Working Woman

Surprise di awal tahun