The Healing Power

Beberapa hari ini aku bener" sibuk karna ada family yang sakit dari indo dan lumayan parah. Om Lukman ini kena stroke yang kedua dan pembuluh darah di otaknya pecah sampe 70cc dan sudah 3 bulan gak sadar alias koma dan sekarang lagi di ICU Mount E Hospital

Jadi beberapa hari ini aku di hospital terus.

Ceritanya om Lukman ini punya sejarah sakit hipertensi dan barusan anak dia merit...mungkin dia gak ngontrol makan dan terlalu kecapekan...akhirnya jatuh. Pas jatuh gitu dibawa ke hospital di indo *surabaya* dan menurut dokter disana...om Lukman gak papa mungkin cuman karna kecapekan jadi disuruh istirahat...pas hari ketiga tiba" om Lukman ngomongnya mulai ngaco dan bener" gak nyambung...gak seberapa waktu dia tidur tapi snoring-nya kenceng banget...laen dari biasanya...jadi sang tante manggil suster tapi kata suster "gak papa...itu bapak lagi tidur, ibu tenang aja lagian kita gak bisa manggil dokter klo gak darurat"

Tetep aja tante merasa gak enak ati...trus dia mulai nelponin satu per satu sodara"...waktu itu ada yang mencoba untuk bangunin si om ternyata gak bisa...akhirnya dokter dipanggil...itupun baru datang beberapa jam kemudian...pas diperiksa *ct scan* ternyata pembuluh darah diotak sudah pecah 70cc *oh my God* dan dengan sesegera mungkin di operasi...sejak operasi sampe akhirnya dibawa kespore..si om gak sadar *alias:koma* karna cairan diotak terlalu banyak dan gak bisa keluar.

Emang rada telat sih si om dibawa ke spore...itupun karna kata dokter di indo...otak om ini udah rapuh jadi gak mungkin lagi di operasi...karna om gak ada kemajuan akhirnya dibawa juga ke spore...

Ternyata sampe spore...dokter di spore bilang bisa...tinggal dibuat saluran dari otak ke perut...dan itupun operasi kecil yang cuman butuh bius lokal...

Hari selasa aku baru tau si om lagi di spore *karna baru ditelp* akhirnya aku ke hospital...pas kesana si om gak bisa merespon apapun...cuman tiduran aja...trus aku tergerak untuk minta tolong teman" gereja *temans cell group* datang dan doakan si om karna hari kamis si om bakal di operasi...

Diluar dugaan teman" gereja itu care banget...paginya baru ngomong malamnya mereka langsung datang...gak hanya itu pastor dari gereja juga datang hari berikutnya...

Hari kamis itu sebenarnya belum pasti juga mo dioperasi karna si om masih belum OK kondisinya...selasa malam didoakan dan rabu pagi dapat kepastian klo sorenya om udah bisa dioperasi *Praise the Lord*

Akhirnya Pastor Aris kita minta...klo bisa..untuk datang hari itu sebelum si om di operasi...padahal Pastor Aris ini sibuk sekali...dia yang memimpin team ke aceh...dan sampe sekarang masih bekerja...tapi beliau menyempatkan diri untuk datang dan mendoakan om Lukman...sampe terharu saya...

Setelah itu malamnya operasi kurang lebih 1.5 jam...dan hasilnya...om Lukman sudah bisa merespon suara dan klo kita datang mendekat gitu om lukman dah bisa mengerakkan bola mata *Praise the Lord*

Aku jadi ingat obrolan aku ama rombongan dari malaysia beberapa bulan yang lalu....waktu itu si juta ngasih komen klo ternyata berdasarkan hasil riset...


...mayoritas dari orang" sembuh dari sakit karna mereka berdoa dan didoakan...


Aku analysa sendiri...mungkin karna orang yang didoakan itu lebih mempunyai harapan yang kuat untuk sembuh sehingga motivasi mereka untuk hidup juga lebih tinggi. Klo dipikir" banyak orang yang sakitnya bertambah parah karna dia gak bisa mengatasi dari ketakutan mereka...sedangkan beberapa orang berhasil overcome kekuatiran mereka dan akhirnya mereka bisa sembuh. In fact, banyak penyakit yang berasal dari pikiran juga.

Contohnya...salah satu pasien di ruang ICU *deket ama kamarnya om lukman* gak mau ditinggal sedetikpun ama anggota keluarga dia..karna dia takut mati...beliau ini sakit jantung...karna ketakutan itu membuat dia jadi sering sesak napas dan demanding akan penjagaan family dia makin tinggi, family dia akhirnya sampe ada yang gak mandi berhari" untuk jagain sang pasien...tapi itu tidak membuat keadaan dia lebih baik.

Waktu berhari" di hospital aku jadi berpikir...dukungan keluarga juga sebenarnya faktor paling menentukan untuk seseorang mendapat semangat hidup...tapi gak jarang juga ada orang yang gak mensyukuri support dari keluarga...bahkan demanding mereka makin menjadi"...padahal makin mereka merasa kurang mereka makin tersiksa tapi semakin mereka bersyukur semakin mereka mendapat kekuatan.

Bayangin aja orang lain yang harus menghadapi pertarungan hidup dan mati sendirian tanpa ada keluarga...pasti beratnya minta ampun. Aku jadi bersyukur sekali karna setaon yang lalu aku bgitu dapat banyak dukungan dari keluarga..gak hanya keluargaku tapi smua keluarga torkis ikut mendukung terutama dalam doa.

Berhari" dihospital juga buat aku sadar arti kesehatan...dan sebenarnya the Healing Power itu hanya datang dari Tuhan...

Aku duduk disudut ruangan...diantara hiruk pikuk orang"...dalam hati aku berdoa pada Tuhan...

"Tuhan...kiranya Engkau senantiasa menjaga aku dan keluargaku...jauhkanlah kami semua dari smua penyakit yang mengerikan ini"

Comments

Popular posts from this blog

Surprise di awal tahun

NO maid + no BS = ?

Siang & Malam