Easter Blesssing

HHHhmmm....

Sudah 27 kli aku merayakan Easter...dengan makna yang selalu sama tiap tahun...bahwa Tuhan Yesus mati untuk menebus dosa manusia...tapi....Easter taon ini bener-bener special buat aku...only for me...karna baru kali ini aku bener-bener merasa Tuhan mati untuk menebus aku...

Aku mulai dengan self image...

Self image...according to my understanding...adalah cara kita memandang dan menilai diri kita sendiri...baik sadar maupun tidak...penilaian itu EXIST didalam hidup kita. Penilaian itu bisa positive dan bisa juga negative.

Bagi yang aktif di friendster...pasti pernah melakukan 'penilaian' terhadap diri sendiri...kolom ini...

....about me.....meminta untuk men-describe yourself...coba deh jalan-jalan di friendster dan melirik kearah about me...pasti senyum-senyum sendiri baca 'about me'....less or more...anggap aja...kolom itu diisi dengan benar...

****mari kita lanjutkan****

Saya pernah dengar seperti ini....

Hidup setiap manusia itu terarah pada self image *ato gambar diri* masing-masing...klo gambar diri kita buruk, maka kita akan menjalani hidup kita dengan buruk dan anxiety dengan segala hal ato bisa jadi...misalnya...iri dengan kesuksesan orang lain...simplenya..negative thinking kita jadi over dosis...

Well...negative thinking sih wajar-wajar aja...klo masih controlable...diluar itu cuman buat hidup jadi buruk.

Salah satu contoh poor self image...orang yang hebat-nya 'nangung' biasanya selalu menceritakan kehebatan dirinya dan mengadakan comparison agar mendapat pengakuan dari orang lain...ato orang yang kekayaannya 'menengah' selalu menceritakan kelebihan dia dalam bidang itu...

Kalo kita sadar...biasanya orang yang bener-bener hebat malah low profle dan orang yang bener-bener kaya lebih diam...karna emang kehebatan dan kekayaan mereka gak perlu bukti...

Sedangkan klo self image kita baik...hidup kita juga diisi oleh hal-hal positive, walopun pasti ada juga hal negative cuman kadarnya dikit lah...gak hanya itu...'aura' kitapun jadi positive...

pernah denger komen kayak gini....

"deket ama itu orang enak deh, bawaanya jadi semangat mlulu..."

Itu salah satu bentuk 'aura' yang aku maksud.

Penjelasan ini baru kulitnya aja...klo ngebahas self image...postinganku bisa jadi 'kereta api'...hehehehe...daripada nabrak mending 'gerbong' nya dikurangi...hehehhe...jadi anggap aja self image sebagai pembuka sharingku...

Kali ini aku mau evaluasi self image-ku sendiri...Honestly...

Beberapa kali dalam postingan yang lalu-lalu aku mentioned mengenai keadaan 'idle' ku setelah lulus kuliah di ait...dan keadaan itu tidak berubah sampe sekarang...bahkan sometimes menjadi buruk karna my poor self image...

Dulu aku terlibat dalam banyak hal...dan bagiku saat itu...aku merasa berguna karna 'doing anything'...apapun yang bisa saya kerjakan...dan saya berusaha terlibat dalam segala hal...ato kata lain i push myself to the limit...terlepas berhasil ato tidak 'anything' itu...dan tentu saja hal itu melibatkan banyak mata yang akan menilai sejak terjangku...hhhmm....angkuh bukan?!

Tapi sekarang...aku *menurutku* stuck di rumah dengan pekerjaan rumah tangga...yang bagiku 'doing nothing'...sampe akhirnya...

Tuhan membuka mimpi lamaku...

Pada saat aku kuliah disini, aku dapat full scholarship...dan salah satu requirement dari kontrak yang aku tanda tangani adalah...aku akan memberikan kontribusi bagi daerahku setelah aku lulus...tapi tidak ada tuntutan aku harus kembali kesana...

Daaan...sekarang aku mulai mengerjakan 'mimpi' ku untuk berkontribusi...khusus buat Kupang-NTT...tapi cerita tentang ini ditunda dulu sampe saat yang tepat...

mari kita simple-kan cerita saya...

saya mulai dari.... 'doing anything'
menjadi................. 'doing nothing'
kemudian.............. 'doing something'

Kalo kita peka *once again*...self image adalah sasaran utama sang iblis...Tuhan Yesus juga dicobai lewat self image..

"Jika Engkau anak Allah..." lakukan ini dan itu...

Bgitu self image kita rusak ato poor...maka saat itu 'gerbang' terbuka dan hal-hal buruk yang lain masuk dan menjadi bagian dalam diri kita.

Metamophosis diatas *anything-nothing-something* ini merupakan proses yang berat...tapi dengan jaminan hasil yang luar biasa klo kita sungguh-sungguh menjalaninya...

Selama 'doing anything'...saya merasa berarti sebagai seorang Ria...tapi apakah bener bgitu?! belum tentu...karna hidup kita ini sukses ato tidak dilihat dari BUAHnya...bagi sebagian orang buah itu adalah kesuksesan karir ato kekayaan....bagi aku pada waktu itu...BUAH bagiku adalah kesuksesan...

Selama 'doing nothing'....saya merasa bener-bener tidak berarti...apakah itu juga benar?! jawabannya Tidak...justru saat itu Allah sedang mendisiplinkan aku menjadi orang yang sabar dan mau dibentuk...tapi mari kita simak apa yang terjadi saat 'doing nothing'...
Setiap hari hidup dengan meratapi diri sendiri dengan counting other's blessing instead of my own blessings. Gak ada damai sejahtera...bahkan semakin aku larut dalam ratapan semakin pikiran dan perasaan hancur lebur. Klopun aku bisa bernapas lega...itu cuman sementara...setelah itu masuk lagi ke 'acara' ratapan...hehehehe...gak segitu tragis sih...cuman berat untuk dijalanin...

...saat aku meratapi ini dan itu...seakan-akan semua orang, kejadian, keadaan ato apapun disekitarku...membuatku aku berpikir bahwa emang aku ini bener-bener tidak berarti dan sudah pasti hidupku bertambah buruk...seakan-akan hidup yang indah itu...MENGUAP...

Kalo aku punya 2 mata...yang satu positive dan yang lain negative...maka mata positive ini semakin menutup sedangkan mata negative semakin jelas melihat hal-hal negative...

Dan tibalah saat-saat dimana....aku keluar dari 'doing nothing'...*yeaaahhh*

Hari kamis kemaren...aku seperti di sentak...pada saat morning worshiping...it seems like God spoke to my heart...kata-katanya seperti ini...

"Ria...kamu bener-bener berharga dan berarti bagiKU, mungkin bagi orang lain TIDAK tapi IYA bagiKU...kamu bener-bener berharga...Aku menebus kamu bukan dengan barang fana ato dengan emas sekalipun...tapi dengan darah yang suci...karna Aku sungguh-sungguh mengasihiMU dan hidupmu berarti bagiKU"

Aku bayangkan klo Presiden Bush datang dan ngomong didepanku seperti itu...pasti aku merasa menjadi orang yang PALING PENTING didunia...bayangkan pemimpin negara Adi Kuasa datang dan ngomong bgitu...

Apalagi klo Tuhan...

...i felt like...more than...

a wonderful word can describe
my heart can feel
my mind can capture


...That's i called unspeakable feeling....


Dan sekarang saya berjuang untuk masuk ke...'doing something'....saya merasa life is controlable karna lebih fokus...tapi saya baru di gate-nya....belum fully 'IN'...

klo bisa saya formulasikan...reaksi 'kimia' yang terjadi seperti ini...

activity pikiran uncontrolable


Saat intesitas activity kita meningkat...maka 'lalu lintas' pikiran kita 'sepi'...ada bagusnya...cuman klo terlalu tinggi...semua jadi uncontrolable *so many things should be done*

activity pikiran anxiety


Kalo intesitas berpikir juga meningkat sedangkan dilain pihak activity kita berkurang, akhirnya jadilah anxiety

activity pikiran self control


Kalo dua"nya berimbang...kita bisa gain self control..


...daaaaaaaaaaaannnnnnnn....

my poor self image is GONE...He set me free...PRAISE THE LORD...

Aku pinjam kata-kata Mother Theresa dari blog-nya dewi...

"jika kamu rendah hati, tak ada sesuatupun yang mengusikmu, baik itu pujian maupun makian, sebab kamu tau siapa dirimu sebenarnya"

Dengan tidak mengurangi respect saya buat Mother Theresa...saya mengganti sedikit kata-kata itu

"jika self image kamu baik, tak ada sesuatupun yang mengusikmu, baik itu pujian maupun makian, sebab kamu tau siapa dirimu sebenarnya"






let your heart hear this song...


bukan dengan barang fana Kau membayar dosaku
dengan darah yang mahal
tiada noda dan cela

bukan dengan emas perak Kau menebus diriku
oleh segenap KASIH dan pengorbananMU

kutelah mati dan tinggalkan cara hidupku yang lama
semuanya sia sia
dan tak berarti lagi

hidup ini kuletakkan
pada mesbahMU ya TUHAN
...jadilah seperti yang kau ingini.....

Comments

Anonymous said…
Ri, happy easter and weekend.
Rencana ke mana saja weekend panjang ini?
Inoki
Anonymous said…
wahhhh postingannya dalemmm dehhh....emang self image itu memegang peranan penting sekaleee...
yuliana http://sinarta.com
caranita said…
ria dulu kuliah di petra??? no kidding?????? pernah tinggal di surabaya dong!!! th berapa?

Popular posts from this blog

Good Housewife Vs. Working Woman

Surprise di awal tahun