Difficulties in Life


2 hari yang lalu...pagi-pagi sekali...aku baru bangun, waktu aku setrika kemeja torkis...tiba-tiba...aku bilang tiba-tiba karna aku dalam keadaan ngantuk dan lagi gak mikir apa-apa...

aku seperti dibawa ke masa aku masih kecil sampe masa2 kuliah *anggap dewasa*...ada beberapa hal yang selalu mengganggu pikiranku...

1. aku takut mengalami kesusahan dalam hidup
2. aku selalu iri dengan kehidupan orang yang sepertinya tidak ada masalah dan aman" aja
3. Aku mengalami proses pendisiplinan yang keras dari papa, sehingga aku merasa hidupku ini menderita sekali...lebih dari anak" lain seumurku

Aku takut sekali mendapat kesulitan dalam hidup...jadi klo aku dalam kesusahan dan penderitaan, aku selalu mencari dan memikirkan hal-hal yang bisa buat aku keluar dari kesusahan itu...sometimes...aku mengandalkan kekuatanku sendiri...memang kemudian aku merasa tenang, tapi tenang itu semu...cuman bertahan sebentar setelah itu kekuatiran dan ketakutan itu datang lagi...

Saat sementara setrika 2 pagi yang lalu...aku seperti mimpi dan melihat ilustrasi dibawah ini...ada 2 pohon yang tumbuh di suatu tempat yang berdekatan, dibawah mereka ada 2 mata air, kecil dan besar...akar dari pohon yang satu cuman 'mau berusaha' sampe mata air yang kecil, tapi pohon yang satu berjuang dengan segala cara agar akarnya bisa mencapai mata air yang besar...

kemudian...kayak lagi shooting film gitu...aku merasa keluar dari tanah *tempat mata air tadi* dan terlihat lagi 2 pohon yang kecil itu sekarang sudah tumbuh besar...pohon yang berakar pada mata air yang kecil, ternyata tumbuh menjadi pohon yang mungil dan terlihat tidak kuat, tapi pohon yang berakar pada mata air kecil dan besar...tumbuh menjadi pohon yang besar sekali dan terlihat sungguh kuat.

Kemudian...datang angin sepoi-sepoi..pohon kecil mulai goyah, tapi pohon besar tenang...tak lama kemudian datang badai topan...pohon kecil langsung tumbang, tapi pohon besar bertahan karna dia punya akar dan batang yang kokoh.

Apa yang aku pikirkan pagi ini...kurang lebih seperti dalam gambar dibawah ini...



Aku jadi mengerti...ternyata orang yang mengalami kesulitan dalam hidup...seperti orang yang sedang dilatih...untuk menjadi lebih kuat...kesulitan hidup baik bagi aku untuk membuatkau menjadi lebih kuat dan bersandar pada Tuhan dengan sepenuh hati.

Sejak kecil aku mengalami hidup yang susah, mungkin karna papa yang disiplin, tapi aku baru sadar...papa telah menjalankan fungsinya dengan baik...papa tidak cuek dengan perkembangan kita dan dia sungguh-sungguh mendidik kita *aku dan adik"ku*, dilain pihak, mama adalah mama yang selalu comforting us with her love, Tuhan gak kasih aku kesusahan tapi selalu ada damai sejahtera yang menyertai saat kita mengalami kesusahan.

Praise the Lord, berkat disiplin dari papa dan kasih dari mama...aku bisa bertahan sampe sekarang walopun telah banyak yang aku alami...dan bahagia itu nyata...bahagia itu bersumber dari hatiku...bukan dari kekuatanku ato orang lain ato harta benda.

Wow...what a great morning...aku merasa bersyukur sekali...tiap hari aku setrika pakean torkis, tapi pagi itu jadi berkat buat aku...karna Tuhan telah membukakan satu kebenaran lagi bagi aku...dan itu buat aku bersukacita...

aku berkata sendiri pada diriku...

"ria...jangan takut kesusahan, karna dalam setiap kesusahanmu Allah hadir dan menolongmu dan setiap kesusahan akan membawa kamu to the higher level in your relatonship with God"

HHHhhhmm...jalan masih panjang...tapi apa yang aku mengerti 2 hari yang lalu membuat aku kuat untuk melanjutkan perjalanan...

Comments

Anonymous said…
You are a very wise person. emang kita tuh kadang2 susah dikit langsung ngerasa Tuhan nggak sayang sama kita...
nie said…
wahhhhh... a great blessing you have given me through your sharing. THanks so much yah sist!!!!
Tuhan memberkati selalu! Semoga setiap harinya Dia ungkapkan hikmat2 yang baru untuk kk. :)
Anonymous said…
wah dalem skali ria,aku jg takut mengalami kesusahan, tp aku ga kaya kamu ,orgnya kuat..kalo aku dr kecil ga terbiasa handle kalo ada masalah,maklum paling kecil dikeluarga..jadi ya gampang goyah kali ya,untungnya msh inget Tuhan, jadi ya kalo ada masalah berdoa aja..paling enak!

Juju
The Dreamer said…
hmm :) Tuhan emang bisa bukain kebenaran baru kapan pun yah :)
heheheh :)...

tapi bener lho sis kalo dipikir2.. :)...

hmmm gini2... kalo kita tahu Tuhan itu Bapa kita.. dan Bapa kita itu adalah Raja.. berarti kita adalah putri Raja... dan apa yang ngga bakalan Dia kasih sama kita...

kalo Philp 4:19 dah janjiin, "Allahku akan mencukupi kebutuhanmu di dalam KEKAYAANNYA dan KEMULIAANNYA di dalam Kristus Tuhan".. itu *wow* sekali.. karena dia super duper kaya dan sangat2 mulia.. :D...

yah... gimana yah.. never doubt Him... in every circumtances...

Jia You!!!
Anonymous said…
wahhh ria postingan kali ini dalam banget..saya bacanya sampe pelan2 satu kata per kata saya baca pelan2....emang benar...setiap kesusahan dalam hidup ini tujuannya adalah untuk membentuk kita menjadi manusia yang lebih kuat dan lebih dekat ke Tuhan, mungkin sekarang waktu kesusahan ada kita tidak tau dan tidak mengerti kenapa kita di kasih kesusahan, tapi nanti kalo sudah 5 ato 10 taon....baru dehh kita sadar..untung yah waktu itu kita susahhh..hahahah Praise the Lord

yuliana
http://sinarta.com
for said…
HUAAAAA!!!! kak Ria, postingan ini benar2 jadi berkat buat saya (again!)saat ini. I want to be like you.I have a big problem right now, please pray for me...

Popular posts from this blog

Good Housewife Vs. Working Woman

Surprise di awal tahun