Quality or Attitude?!

Belakangan ini aku semakin sering mengamati negara tercinta *cailleee*...beberapa fakta yang sempat tertangkap dalam pengamatanku...

Kelangkaan BBM:
Tulisan maruli tobing sangat menarik...intinya:

"Indonesia melihat kelangkaan BBM dari perspektif dana subsidi, sementara China berpacu menghadapi era 2020 dengan investasi puluhan miliar dollar AS"

*selengkapnya bisa dibaca disini*

Kedokteran:
Beberapa kli udah pernah aku senggol topik ini...dan baru" ini hal menarik terjadi lagi...eye center di jakarta mempunyai alat yang sama canggih ama singapore...ini menurut pengakuan pasien...tapi diagnosa dan treatment yang diberikan oleh dokter indo dan spore bener" berbeda

Education:
Umumnya para kepala sekolah dan guru mengakui anak indonesia mempunyai kemampuan di bidang matematik yang OK...cuman sering kali bermasalah dalam bahasa *english* but after sometime...They are Good!...nyatanya ada satu anak indonesia yang mewakili singapore untuk ikut olimpiade fisika

Saya stop diketiga facts ini deh...
Refer to the title....menurutku...Indonesia tidak kalah dalam dari segi kualitas...bahkan kualitas intelektual kita lebih OK dari orang singapore [kebetulan yang aku amati orang singapore]...

Cina mengalami kesulitan yang sama dengan indonesia...tahun lalu mereka mengalami kelangkaan BBM yang terburuk sepanjang 15 tahun terakhir...tapi mereka bisa buat strategi yang OK untuk long term planning....sedangkan indonesia dari waktu ke waktu masih bergelut dengan masalah dana subsidi...faktanya...waktu jaman BBM masih disubsidi...tetap saja terjadi kelangkaan BBM 2 ato 3 kali dalam setahun *according to maruli tobing*

Kedokteran di indonesia juga mempunyai alat" yang canggih, gak semua sih...tapi dari fact no. 2 *diatas* menujukan bahwa kecanggihan alat tidak menjamin hasil yang OK

Indonesia punya sumber daya manusia yang OK dari segi intelektual *no doubt!*

tapi kenapa indonesia tetap terpuruk?!?!?!

Menurutku sih masalahnya bukan pada kecanggihan teknologi, tingkat intelektual dan uang...or whatever it is...tapi lebih kepada attitude.

Indicators of bad attitude:
indonesia memegang rekor dalam bidang korupsi *wow*
banyak orang miskin tapi orang kaya juga gak sedikit *so sad*
malpraktek dibidang kedokteran men'jamur' *nightmare*

Well...mungkin masih banyak indicators yang lain, cuman postingan ini bukan untuk mengutuk" apa yang terjadi didalam bangsa sendiri...tapi aku lebih suka mengamati untuk mengambil kesimpulan...

Beberapa waktu yang lalu aku sempat discuss dengan salah satu temanku di YM!...tentang bagaimana persepsi teman kita dari negara lain tentang indonesia...hampir 90% ngasih bad comment tentang indonesia

Bagiku...aku tidak perlu keluar dari indonesia untuk mendengar orang lain menganalisa negaraku...aku hidup disana dan aku tau apa yang terjadi...si komentator *foreigner* mungkin hanya mengenal indonesia dari koran *baca:berita*...sehinga analisa dan judgement dia hanya berdasar dari apa yang dia baca...mungkin indo kayak apa aja dia gak tau karna dia belum pernah ke sana...tapi aku lebih tau karna aku dari disana...

orang Thai misalnya...mereka mengangap indonesia buruk...sampe salah satu alumni kampusku...pernah ditolak untuk kos disalah satu rumah dibangkok..karna sang owner merasa orang indo 'not good'

teman diskusiku di YM! bertanya...trus apa yang harus kita lakukan?!...

mengubah sytem?! No Way...saya cuman 1 orang dari 200 juta jiwa yang ada di indonesia...it's like mission imposible...bisa jadi berakhir dengan saya jadi korban...hehehehehe..

tapi i got the clue...semuanya dimulai dari diri kita...klo attitude kita sendiri gak bener...gimana kita bisa counter back semua judgment untuk negara kita...

Indonesia bisa dihargai lewat wakil"nya yang berada diluar negeri...sometimes counter back tidak perlu dengan oral...tapi dengan good attitude kita akan beri image lain buat sang komentator ato at least memberi dia 'warna lain' dari yang dia tangkap lewat berita-berita

Well....mungkin comment para komentator ada benarnya dan ada baiknya...tapi sometimes *or most of the times* komen mereka buat telinga panas...hehehehehe....

Postingan ini tidak berarti aku sudah punya good attitute...hehehehhe...justru lewat diskusi dengan temanku...aku bisa nemu clue-nya...

"menjaga attitude-ku mungkin sulit...tapi lebih sulit mengubah indonesia"

...so it's all start from myself...

Comments

Anonymous said…
wah ri, kok kebetulan bgt ya bahas yg gini. aku dr kmrn baca di milis soal ginian juga. aku setuju dgnmu, gak usah liat skala gede kayak negara ya, mending dimulai dr diri sendiri, lingkungan sendiri di sekitar kita :)

++retno
Anonymous said…
yoih setuzu, mulai dr diri sendiri, kalo mo langsung semua diubah mah susaaah,perlu waktu berapa lama itu kali yaaa..
The Dreamer said…
Sis.. ehuheuh karena ga bisa lama2 jadi mo cepet aja kasih info ini :)

tentang www.touchabillion.net :) ini salah satu cara gampang jadi missionaris... :D... tinggal masuk ke site itu terus klik link 'saya ingin menjadi missionaris'

bekalnya cuma akses internet aja :) ntar kita bakal delegasikan orang2 yang membutuhkannya dan kita yang menyediakannya :).. begitu

ntar semua prosesnya lewat internet :)... cuman mo kasih tau info itu aja :)

tQ..~

Popular posts from this blog

Surprise di awal tahun

NO maid + no BS = ?

Siang & Malam