Aman=OK?!

Singapore terkenal dengan negara yang kecil tapi 'dahsyat'...termasuk negara yang netral dan mampu memegang kendali di asia pasific.

Salah satu bukti bahwa spore netral...misalnya...taiwan mo jual barang ke china secara langsung...akan kesulitan...tapi bgitu mereka set up perusahaan di spore kemudian melancarkan aksi marketing ke china...kemungkinan untuk menembus china's market lebih besar..

Netral bukan satu"nya yang OK dari spore...kota singapura juga cantik...well manage...well maintain...dan Aman. Dibandingkan dengan negara-negara jiran *tetangga*...tingkat kriminalitas di spore termasuk rendah.

Beberapa bukti spore bisa dikategorikan aman...
cewek jalan sendirian malam-malam...OK lah
cewek naik taxi sendirian...OK lah
mo pake HP dimana aja termasuk bus...OK lah
mo pake barang bermerk apa aja termasuk jam rolex...OK lah

dan beberapa bukti lainnya...

tapi apakah Aman sudah pasti OK?!

....tunggu dulu...

Beberapa hari yang lalu baca berita di the straits times *koran spore*...

Berita itu mengenai...seorang ibu yang kecewa berat...karna tas dia dijambret di taxi stand-wisma atria *center of singaopre* saat peak-hour...yang artinya...saat itu banyak banget orang

Berita lain...seorang cewek juga dijambret HP-nya ditengah keramaian...

Kasus si Ibu dan sang cewek...beda tempat, beda waktu, beda kejadian...tapi result-nya sama...

Pas mereka *si ibu dan sang cewek* teriak" minta tolong gitu...gak ada satu orangpun dari sekian banyak orang yang ada di TKP...tergerak untuk nolong mereka...semua orang seakan" being freeze by something...

Something itu yang menjadi hal menarik buat aku...

Kenapa orang" itu sampe sepertinya being freeze? karna apa? apa penyebabnya?

Hmmm...analisa-ku sendiri sih...

Mungkin...
Orang" disini sudah terbiasa dengan situasi aman...dan aman itu adalah 'biasa', sehingga pada saat terjadi sesuatu yang 'diluar' dari 'biasanya'...mereka tidak terbiasa *once again* untuk mampu ato bisa merespon ato react dengan baik...

Orang" disini merasa klo mereka sampe terlibat...mungkin urusannya bakal panjang...dipanggil ke kantor polisi...di interogasi bahkan mungkin masuk koran...

Orang" disini terlalu cuek satu dengan yang lain...seakan" mereka hidup didunia mereka masing"

dan mungkin ada faktor lainnya yang gak sempat aku pikirin. Tapi pikiranku ter-fokus pada satu hal...

Hhhmmm...ternyata aman tidak selamanya OK...

dalam keadaan aman itu tingkat kewaspadaan kita jadi rendah...dan tentunya skill kita untuk protecting ourself juga rendah

Taon lalu aku sempat kedatangan tamu beberapa cewek dari jakarta...umumnya mereka mengepit tas mereka erat"...hihihi...mungkin karna masih terbawa suasana jakarta yang 'garang'...

Well...aku jadi berpikir...justru dalam keadaan Aman kita gak boleh terlena, alarm waspada harus terus 'on' tapi tidak perlu di set 'active-mode' jadinya kan kita keliatan aneh gitu....'active-mode' hanya perlu disetting saat keadaan aman itu sudah relatif banget...

Klo ditanya...misalnya saya ada di TKP saat kejadian? apa yang akan saya lakukan?

Hhhhhmmm...
Nnngggg....
HHhhhhhh....

2 hal yang terlintas dalam pikiranku...

pertama...mungkin saya akan ikut berteriak-teriak dengan si ibu ato sang cewek...

ato

kedua...dial 999 *polisi*...

Ternyata...saya pun gak pernah tau gimana cara bereaksi yang OK klo ketemu kejadian kayak bgitu...karna emang blon pernah ngalamin kli yaa...

What about u?! any suggestions?

Comments

Anonymous said…
wah iya bener ri, jd kayak terlena oleh keamanan ya. jd pada gak terbiasa kalo ada kejadian gitu.
menurutku yg dial polisi boleh juga tu, terutama liat2 juga penjahatnya gimana, membawa senjata tajam alias berbahaya atau gak. takutnya kamu jerit2 tau2 dia nyamperin pake golok hiiii :(

ternyata gak ada negara yg sempurna ya, org jahat ada aja dimana2. take care ri!!

++retno
Flona said…
Allow Ria, sayah udah balik *lapor* nah soal ini juga yg dibahas doleh bokap guwe, org2 gak ada yg mo nolong, soale waktu itu tetangga gue rumahnya ada api2, bokap gue teriak2 orang2 juga pada diem ajeh kayak patung gitu, memang pada dasarnya orang S'pore mah gak seramah orang indo mereka gak tau apa arti gotong royong, mereka hanya sibuk ama diri sendiri aje *sedih*
The Dreamer said…
hoooo singapore... iyah ada penjambretan *tumben2nya*.. koQ bisa... ?...

pernah baca artikel ga ttg orang2 yang melihat kecelakaan terjadi di depan mata mereka tapi mereka cuman diem aja... 'nonton'in tuh kecelakaan.. padahal kalo ada yang bantuin, orang yang kecelakaan pasti bisa diselamatkan...

hmmm... *mikir2*

kalo ada di TKP... heuehueh nelp polisi.. abis itu ya udah ... kali yah? :S
Anonymous said…
iya kataku jg org² mungkin kaget, karena kan terbiasa situasi aman ya..jadi pas kejadian gitu, pada bengong, dont know what to do...

kalo aku kayanya jg bakal bengong ri, ga tau mo ngepain,hihihi..keburu deg²an kali!
Anonymous said…
stuju 'Ri. usually, emang kalo udah terbiasa dgn keadaan aman, pikiran kita jadi lengah, jadi kurang waspada lagi.
klo gue ada di TKP saat itu, mgk gue cuma bisa panik, bengong, diem ketakutan, lalu beberapa seconds or even minutes kemudian, baru bisa mikir mau ngapain.

suggestion? hm... tetaplah waspada pada sekelilingmu, no matter where you are, and who you are with. Kalo gue dalam keadaan spt ibu2 yg dijambret itu, maybe gue blum sempet marah2/tereak2, udah keburu shocked dan panik duluan kali...trus nangis hehehee... nangis gara2 ga ada yg bantuin...huhuhuw.

hihi eh btw, iyah tuh si nissim jadi banyak yg booking gitu skrg hehee...
dia ngasih berkat ke kita, dianya juga dapet berkat yg berlimpah ya :)
Anonymous said…
kejar jambretnya, gebukin!

*enaknya mengkhayal..*

tapi, di Jakarta yang katanya "gahar" juga sama kok, ri... pernah denger kasus kapak merah? nah, kalo kejadian *yang notabene di tengah keramaian juga* nga ada tuh yang niat nolongin..

aku pikir sih bukan alert kita thd keamanan yang menurun, tapi justru sensitivitas kita terhadap kondisi sekitar.. semua orang milih untuk cari aman.

NIMBY-isme *Not In My Back Yard-isme: selama yang terjadi sama gua, gua sih nga mau ikut campur!* nyata banget di kehidupan kota besar..
Anonymous said…
wuaaahhh, ada juga ya disana penjambretan Ri :(...aiii, ati ati aja-lah sist...berdoa aja selalu kalo mo kemana mana, gw yakin keamanan selalu menyertai kita, dimana aja :)...nah lho. gw yg mo Pul-Kam desember nanti jadi ketakutan neh ame keamanan NL yg uda memanjakan gw :)he he he..."getok pale biar sadar, kalo ini Pulang-nya ke kampung halaman sendiri ^_^"...

XXX Shierly
http://members.home.nl/shierly/blog.html
Patricia Astrid said…
Jd inget pas masih jadi jawara angkot di Bandung dulu, ada ibu-ibu yang kecopetan. Di sampingnya, pria yang seperti militer bilang, "ya kalau maling sih mending mati daripada ketangkep." Dikirain si ibu dicopet sebelum naik. Setelah si ibu dan si bapak itu turun, seorang penumpang bilang,"saya lihat lho bapak itu yang nyopet ibu itu. Dia bilang gitu buat ngancem saya." Semua penumpang angkot heboh.

Memang susah nih kadang pilihannya apa menyelamatkan diri sendiri atau orang lain.
Anonymous said…
Ummmmm, bisa ngga karena takut aja.. Atau.. it's none of my business.. Atao, Hei.. pencopetnya dah kenal sama orang sekitarnya.. hihihi..

Popular posts from this blog

Good Housewife Vs. Working Woman

Surprise di awal tahun