Normal?!

Long time ago...saat saya masih kecil kali yaa...serasa dunia itu masih 'murni' banget...

Hmmmm...murni bisa jadi punya arti banyak...murni yang saya maksud disini seperti
* Baik dan Buruk masih bisa dibedakan (tidak bias)
* Baik dan Buruk masih bisa di-analogikan dengan hitam dan putih
* Berbuat baik...menyenangkan hati dan feeling good lah
* Berbuat jahat...sangat tersiksa..at least karna perdebatan dengan diri sendiri
* Hati nurani juga blon tercemari

HHmmmmm....mungkin itu indikatornya

Contohnya:
Dulu...Saya sering banget nyimpen candies dalam tas...jadi klo pas ketemu anak kecil gitu *balita*...sering saya kasih candy...kenal gak kenal...dan most of the moms pasti senyum ceria sambil say thank you

Dulu...kalo ketemu orang dijalan...at least..sekali dua kali kita melempar senyum...walopun gak kenal

Dulu...klo ada orang yang kesusahan, kita pasti tergerak buat nolong..sekali lagi kenal gak kenal

Dulu...mungkin karna aku sudah merantau sejak kecil sekali *1 year old*...jumlah keluarga bisa hitung jari...tapi serasa banyak, karna para tetangga itulah keluarga kita

Well...itu DULU...bagaimana dengan SEKARANG?!

HHmmmmm....Setelah tinggal di 5 kota yang berbeda dan 3 negara yang berbeda...aku merasakan perubahan yang bisa dibilang significant

Sekarang...boro" ngasih candy ke anak kecil...cuman pengen megang pipinya aja gak boleh...
contohnya:
setaon yang lalu, adeknya torkis *melda* sempat nemanin aku sebulan disini...dia juga seneng banget ama anak kecil...waktu di supermarket...dia gemes ama anak kecil, jadi pipi si baby di elus" gitu...eh ternyata ketauan sister-nya si baby...trus dia langsung bilang ke mommy-nya "mommy she's touch baby"...mommy-nya dengan tampang masam langsung berlalu

Sekarang...gak berani terlalu murah senyum karna bisa jadi kita dikira pengen sesuatu dari mereka ato malah kita jadi target perbuatan jahat
Contohnya:
ada satu ibu indo *di spore*...yg tiap hari nganterin anaknya ke sekolah...namanya orang indo...biasalah senyum dengan penuh keramahan...tapi gak ada satupun ibu" disitu yang membalas senyumannya...ternyata setelah 1 minggu..ada 1 ibu yang nyelutuk "u want to sell something to me aaaa?!" *singlish*...waks!!!....huehueheuheuheu...tapi lucu juga...gak nyangka klo respon-nya bisa kayak gitu
Contoh lain:
Aku pernah membalas senyum seorang, mungkin karna terbiasa membalas senyum...jadi biasa aja..ternyata setelah itu dia ngikutin aku dari belakang dan maksa minta tuker"an no hp...akhirnya dia bisa 'diusir' dengan cara pura" nelpon polisi...saya pura" karna jujur aja kejadian itu terjadi di hari-hari pertama aku disini..soooo...saya gak tau no telp polisi berapa...hihihi...

Sekarang...berbuat kejahatan..korupsi misalnya menjadi tren..karna korupsi itu udah umum dilakukan...so rasanya korupsi adalah hal biasa...sangking biasanya para koruptor udah bosan dengan cara 'biasa' dan mereka makin 'creative' untuk buat cara baru dengan 'topeng' yang cantik sometimes bahkan berani terang"an

Sekarang...tetangga adalah orang asing...boro" tau nama dan menyapa...mukanya aja jarang keliatan...masing" hidup dengan dunia mereka sendiri

Well...yang pengen aku highlight disini adalah...bagiku...
....dunia telah berubah...
hal yang dulu dianggap normal sekarang menjadi tidak normal
hal yang dulu dianggap tidak normal sekarang jadi biasa

Kadang" klo lagi diam dan mengamati gitu...jadi geleng" kepala sendiri...tapi aku tetap bersyurkur...masih banyak yang bisa kita syukuri...dan masih banyak orang yang setia dalam kebenaran

but sometimes aku juga merasa...people changed coz they have reasons for that...dan masih bisa dimaklumi..misalnya

sang ibu gak mau anaknya dikasih candy ama orang yang gak dikenal...karna banyak singa berbulu domba...dan berakhir anaknya diculik dan sebagainya

sang ibu gak mau anaknya dielus" karna bisa jadi tangan si pengelus kotor dan akhirnya anaknya bisa sakit

Seseorang akhirnya jadi gak 'murah senyum' karna telah mengalami 'pahit'nya tersenyum...hehhehehehe..

dan lain-lain...dan lain-lain...

tapi tentunya 'excuse' tidak bisa diberikan bagi mereka yang korupsi ato bagi mereka yang mencuri ato bagi mereka membunuh...tapi dunia udah berbeda *once again*...selalu ada 'excuse' untuk melancarkan perbuatan tidak baik

Pikiran saya bermuara disini...
Saya punya 3 choices...
pertama, berubah sesuai dengan perubahan dunia ini
kedua, do nothing ato jadi orang pasif gitu deh
ketiga, berusaha tidak mencemari keberanan dan ketidak benaran

Pilihan yang ketiga adalah pilihan yang tepat. Setuju?!

Tapi apakah saya mampu melakukan itu?!

........mmmm...mmmm...mmm.......*lagi mikir*

*ting* i got the answer

Kita berani dan percaya diri maju perang...klo kita punya senjata yang OK..
Bagi saya untuk melakukan choice yang ketiga...saya harus pake senjata...
dan senjata itu adalah....IMAN....^^

...Wiiiuhhhhhh...tidak mudah untuk dilakukan...tapi klo tidak dilakukan...saya merasa gak punya warna alias blur...

...itu duniaku...bagaimana dengan dunia-mu teman?!


Special for dandy: oallaaaa...ternyata kamu dandy-nya irene ya? duh sorry banget...sama sekali gak kepikiran klo dandy itu kamu...weleh...btw...Thanks berat udah mampir dan drop a message...^^...visiting me more yaa...hihihihihi...:D

Comments

Anonymous said…
Hallo Maria,

Saya tahu koq maksudmu baik. Saya mau kasih balance saja secara overall dari kedua belah pihak.

Yg mau saya sindir bukan kamu hahaha.

-Dandy
W said…
wah ternyata begitu ya, ri? aku jadi inget sopir minibus yg nyetirin dari airport ke hotel, tampangnya jutek abis. aku sapa, "good morning" sambil senyum, dia cemberut aja. pas sampe dan bayar, aku bilang "have a nice day" dia cemberut juga. ih jutek sekali, kesan pertama sampe di singapur tu. tp di hotelnya sih orang2 saling menyapa. ada juga hotel lain yg orang2nya jutek juga. banyak orang jutek yak, di sg? hehe..
di sini biasa orang saling menyapa atau saling senyum. aku wkt pertama kali juga kaget, suka disapa hallo atau hai gitu. ih sapa luu.. kagak kenal gw. apa krn aku tinggal di kampung yak. sama kasir supermarket juga selalu ramah2an, bilang bye2 atau nice weekend kalo wiken.
itu mungkin juga cuma kebiasaan dan sifatnya juga superficial, blom tentu itu juga keluar dari hati. cuma spt robot aja kali, langsung bereaksi begitu.
wah kayanya huub mesti adaptasi ntar dah. ;-P
jo said…
riaaa.. obat batuk disimpen di lemari dulu deh :P abisnya weekdays jadi kemungkinan besar dia ga dateng.. ga bisa cuti seenak gw hehehehe.. anyway, tth HGM itu ada filmnya kan yg judulnya Maid.. serem ga ya :P

gw jg berasa sih dari dulu pas gw kecil tuh bisa ikut carolling sampe subuh gituuu.. skrg udah gede gini, jam 9 udah ditlp bokap ditanyain mo pulang jam brp :P
Anonymous said…
iya, aku juga mikir gitu waktu liat film laura inggals. di jaman itu kayaknya org2nya masih poloos bgt, masih murni. kalo skrg, mana aman org dewasa sama anak2, mikirnya eror aja, pedofil gitu :(
tp memang yg penting kalo gak di negara sendiri ya harus adaptasi supaya bisa 'masuk' dgn budaya negara yg ditinggali.

++retno
Anonymous said…
itu karna pada parno kali yah? kerap merasa terancam... saking banyaknya kriminalitas yang terjadi... mungkin sih... pengaruh psikologis juga...

met monday, ri... GBU! =)
Patricia Astrid said…
waah kalau ibu2 sekarang memang kurang suka anaknya disentuh-sentuh, soalnya katanya takut kena kuman. Aku juga selalu permisi dulu dan nggak berani elus-elus anak orang langsung2 aja.

Sebenarnya kewaspadaannya ada benarnya juga, soalnya di Indonesia juga kan suka ada kasus anak-anak sakit perut krn dikasih makan sama orang tak dikenal.

Memang krn orang makin jahat kali ya jadi orang juga makin waspada dan kurang ramah.
Monica said…
You know what, gue ma Evan juga suka bahas perbandingan 'dulu' dan 'sekarang'. Kita punya kesimpulan that we live in a sick, sick world hahaha. Tapi betul deh, semua org serba curigaan dan udah ga bisa enjoy other people's company lagi. Sedih deh :(
Flona said…
Dunia gue yah sam aajeh kaya dunia elo Ri, lah wong kita berada di bagian dunia yang sama, yaitu SINGAPORE....itulah realitas kehidupan di Singapore, kebayang kan gue dulu di sydney yg orangnya ramah2 banget, tau pindah ke singapore yang notabene orangnye pada jutek semuaa *nangis bombay*

Popular posts from this blog

Good Housewife Vs. Working Woman

Surprise di awal tahun