Delivery Story

Hari ini calvin tepat 2 bulan...


Waktu yang tepat untuk mengubek-ubek memory 2 bulan lalu saat berjuang bersama calvin...

begini ceritanya...

minggu ke-37 dokter udah suruh siap-siap karna 'baby can come anytime from now' bgitu kata dia...saya mah siap banget...udah gak sabar pengen liat my baby...

minggu ke-38 belon nongol juga...hhhmmm...saya lebih gak sabaran nih...mulai dari cuci baju baby sampe bersih" rumah udah kelar semua...pokoknya siap sedia deh terima my baby...


minggu ke-39 rasa gak sabarku mulai menular ke dokter...menurut dokter ada 3 kondisi yang perlu dipertimbangkan:
1. Placenta aging
2. Tali pusar yang melilit dileher si baby
3. Dalam 1 minggu terakhir berat badan aku dan baby gak bertambah

akhirnya tanggal 7 may 07 kita ambil keputusan untuk induksi tanggal 9 may

...cerita 9 May 2007...

07.00 am
torkis dan aku pergi ke hospital untuk memulai proses induksi...malam sebelumnya terasa panjang sekali, aku gak bisa tidur nyenyak mengingat besok bakal berjuang...harusnya sih tidur tapi karna perasaan campur aduk jadinya tidur on-off mlulu...

08.00 am
dokter yang on time itu udah siap...trus aku mulai di-induksi...prosesnya sih gampang...dokter cuman masukin tablet...gitu aja...trus aku dipasangin ecg (electrocardiogram) untuk memonitor heartbeat si baby dan kontraksi yang terjadi...

10.00 am
ecg di stop dan aku disuruh jalan supaya membantu proses induksi bekerja dengan baik, karna aku mulai lapar, aku dikasih milo hangat 1 gelas dan 1 bungkus biscuit jacobs...setelah itu torkis dan aku mulai deh jalan-jalan...

12.00 pm
dokter datang lagi perika progress induksi yang terjadi...ternyata sudah terjadi kontraksi tapi masih belum kuat dan juga belum ada bukaan...dokter rekomen untuk menaikan dosis induksi (kli ini pake infus) tapi sebelumnya aku pake epidural dulu karna setelah diinfus pada saat kontraksi akan terasa sakit sekali

ecg kembali ON...

sambil nunggu dokter anestisis...torkis dan aku udah mulai capek, karna kurang tidur dan abis jalan-jalan...delivery room nya cuman 1 ruang untuk 1 orang, dan torkis disediakan kursi yang super duper empuk gitu...so setelah dokter keluar...kita berdua ambil posisi tidur dan tidur lah kita...hehehehe...

12.35 pm
pintu kamar dibuka dengan tergesa-gesa...beberapa nurse *lupa jumlahnya* masuk sambil teriak "something happen with your baby!!!"...torkis langsung tegak di kursinya sedangkan aku jelas aja kaget...

ada apa?!

ternyata kontraksi yang diinginkan *yang kuat* terjadi dan itu membuat si baby tercekik tali pusar yang melingkar dileher...lebih seram lagi...heartbeat si baby berhenti beberapa second...

HAAAA?!?!?!?!

seharusnya kita aware ama kondisi darurat itu karna alarm dari alat ecg bakal ON, tapi ternyata suara dari alat ecg itu dimatiin, jadi kita berdua gak denger...untungnya di delivery suite itu banyak nurse...jadi mereka langsung action

12.40 pm
dokter datang dengan tergesa-gesa *juga*...dia bilang "baby harus segera keluar klo gak berbahaya bagi baby dan kamu juga" *wiiiiuuhhhh*...klo saja ada ecg buat aku mungkin alarm udah tereak-tereak dengan semangatnya*hehehehehe*...siapa yang gak takut coba...hiii...tapi rasa takut segera angkat kaki karna dalam pikiranku cuman satu...my baby harus keluar dengan selamat

12.40-12.50 pm
para nurse sibuk mempersiapkan aku untuk c-section...

12.50 pm
aku didorong dengan terburu-buru masuk operating theater dalam keadaan mengigil...kenapa mengigil?!...ya karna takut datang lagi *hehehehe* dan komplit deh rasanya...tapi sebenarnya karna operating theater dingin banget...bayangkan suhunya harus dibawa 10 C *klo gak salah* supaya gak ada kuman yang bisa hidup...dan semuanya serba terburu-buru karna aku termasuk kategory emergency caesarean! *ih!*

Dokter bilang aku pake full anestetic untuk c-section...tapi bgitu sampe di operationg theater dokter anestesi gak mengijinkan karna aku sempat makan jam 10 tadi...so aku bakal ON waktu operasi berlangsung *hiiiii lagi*...aku cuman pake epidural *ato local anestetic gitu lah*...

dalam pikiranku..."terserah deh dokter yang penting bayi saya keluar dengan selamat"

Dalam ruangan itu ada beberapa nurse, gyne, dokter anestetic dan pediatrician yang stand by terima baby...

Segera setelah epidural bekerja...aku mulai merasa perutku disentuh-sentuh, digeser-geser, ditoel-toel...tapi gak berasa sakit...ada kain yang menutup penglihatanku sehingga aku gak bisa liat jalannya operasi cuman bisa ngerasain, tapi si pediatrician berdiri disamping kananku dan melaporan proses operasi ke aku

gak berapa lama...dokter anestetic berdiri dibagian atas kepalaku...dia minta ijin untuk membantu proses pushing...jadi dokter anestetic mendorong dari bagian atas perutku...

si pediatrician melaporakan...
"everbody pushing now, your baby will come out in a minute"

aku merasa badanku ditekan dari berbagai tempat

si pediatrician laporan lagi...
"yes the baby's head is out..."

dan tepat 13.16 pm...
"your baby is out now"...
aku bisa melihat si gyne mengangkat my baby tinggi-tinggi ke udara melewati batas penghalang didepanku...dan semua orang dalam ruang itu tepuk tangan dan bilang "congratulation"

pediatrician bergerak dengan cepat dan sigap banget, dalam waktu 3 menit baby udah ditidurkan didadaku...dalam keadaan yang mati sebagian...aku cuman bisa megang tangan kecilnya...dan air mataku keluar...

"terima kasih Tuhan Yesus"..."welcome sayang"



notice gak klo selama postingan ini aku gak mention nama si calvin...karna emang aku belon tau my baby bakal dikasih nama apa...sampe aku ketemu torkis baru tau nama my baby itu...

setelah delivery...something happen again...kli ini lebih seru lagi ceritanya dari delivery...tapi besok aja yaa *hehehehe*...udah terlalu panjang nih postingan...dan si calvin juga udah mulai gerak"in badan...tandanya ntar lagi dia bakal bangun...hehehehe...

Comments

cika said…
selamat ulbul ya calvin...
cepet besar, makin montoq, anteng2 yaaa :D
Raquel Brenda said…
Selamat ulang bulan Calvin..
Selalu dalam lindungan Tuhan Yesus ya..
Sun sayang dari Vanya.
Benny Suryanto said…
wuuuikk serem bgt critanya..tp yg penting CALVIN udah nongol di dunia hehehe..met 2 bulanan ya
Benny Suryanto said…
again...kalow udah gede minta jalan2 ya Calvin..ke jepun lagi hehehe. Aku tinggal di kota Misato, tepatnya sih HIkonari-Misato-Saitama hehehe.
Dyah Astiek said…
duh perjuangan seorang ibu..dulu sy ga setegang itu deh keknya hahah...met ulbul ke 2 ya calvin..tumbuh sehat & pintar ya nak

Popular posts from this blog

Surprise di awal tahun

NO maid + no BS = ?

Siang & Malam