NO maid + no BS = ?

HHhhhhmmm...mari kita liat formula yang ada

BS=Babysitter

NO maid + No BS = Sleepless Night
...sejak calvin lahir sampe sekarang hampir 4 bulan...aku sama sekali belum pernah merasakan tidur malam yang pulas sampe pagi...

NO maid + No BS = Struggle
...tentu saja...aku komit ke calvin untuk ngasih dia asi ekslusif selama 6 bulan, jelas aja aku harus selalu ON saat dia minum susu dan anak yang minum asi tidurnya lebih singkat dari anak yang minum formula...

No maid + No BS = No time for myself
...semua waktuku hanya untuk calvin...klo orang lagi jatuh cinta ngomong you are my everything keliatan picis banget...tapi bagiku kalimat itu kena banget ke calvin...he is my world...apapun yang aku kerjakan pasti berhubungan dengan calvin

...yang namanya jalan-jalan, santai-santai, kongkow-kongkow sampe malam sama teman-teman udah di delete tuntas dari kamus saya...hehehehehe...

No maid + No BS = stuck @ home
...aku cuman bisa keluar ama torkis, mungkin ini lebih ke alasan malas, klo keluar stroller calvin segede-gede dinosaurus, tas yang gede pulak belon calvin...wah rame deh...klo ada torkis aku tinggal ngurus calvin doang yang lain di handle ama torkis...hehehehehe...

mari kita liat formula yang terakhir...

No maid + No BS = LANGSING!!!
...tertarik?!...semua formula diatas langsung hilang daya 'penghancur'nya saat aku tau formula yang terakhir ini...hehehehehe...

aku sempat sakit taon 2003 (bagi yang udah pernah baca testimony-ku di blog ini tau dong?) nah sejak itu berat badanku *alamak* gak usah dibahas deh...diet 1001 cara juga tetap aja gak ada 1 kg-pun yang rela berpisah dari aku *hiks*

Formula terakhir ini dikasih ama mamanya brennan...imel bilang klo ngurus anak tanpa maid dan babysitter kita jadi langsing...sejak saat itu *2 tahun lalu* aku pegang baik-baik nasehat emas ini...dan sekarang aku praktekan...

Hasilnya?! aku udah cut down semua overweight selama hamil + 6 kg...waktu hamil aku naik 14 kilo dan sekarang aku udah turun 20 kg *hwaaaaaaaaaaaa*....seneng kaaaaaaaaaaaann...hehehehehehe....

mau tau yang lainnya lagi?!

'Tas' dipinggangku hilang *tau kan maksudnya*...well gak hilang total tapi jelas sekali perubahannya dengan sebelum hamil dan melahirkan...semua itu karnaaaaaaaaaaa....

BREASTFEEDING!!!

Setelah menjalani aku baru sadar, breastfeed itu membuat kontraksi kembali kandungan kita ke size yang semula menjadi lancar dan gak hanya itu, breastfeed membuat otot" perut kita terus bekerja sehingga lemak membubarkan dirinya sendiri...hehehehehe...

Semangat awal memberikan yang terbaik buat calvin ternyata diberkati Tuhan dengan bonus yang lain...

Aku sempat menjalani program asi ekslusif ini dengan pesimis...

...cukup gak asiku?!
...kuat gak aku selama 6 bulan?!
...bisa gak ya jalani semua itu


apalagi...aku gak kasih calvin minum asi pake botol susu dan calvin gak pake pacifier...jelas banget aku harus ON setiap saat...belum lagi pekerjaan rumah sehari-hari...so far sih masih bisa jalanin semua walopun tenang terkuras...kecuali masak...so saya catering dari ibu ini lah....yummy deh cateringnya *promosi* dan ibu ini sangat pengertian dan perhatian *bener loh len*

aku sering banget discourage saat melihat ibu-ibu lain yang santai karna anaknya minum susu formula dan makan solid food, anak mereka tidurnya panjang dan mereka lebih santai...bahkan aku sering bermimpi malam hari klo aku udah 'lulus' dari masa asi eksklusif...

iiiiiiiiiiihhhh sampe segitunya kah?!...*dengan muka lesu menjawab:*...iya....

sampe akhirnya pertolongan itu datang juga...membuktikan...Tuhan tau apa yang aku butuhkan!!!

Komen singkat ini membuat aku bangkit dengan semangat yang berada dilevel tertinggi...

"riaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa...... calvin dikasih ASI aja yaaaaah!! biar sehat kayak Lentera.. ^____^ ASI mengandung 80% air kok.. jadi nga perlu dikasih air putih... cukup ASI.. dan hanya ASI sampai Calvin usia 6 bulan yah... percaya ASImu cukup! pasti cukup!!! Tuhan udah persiapkan yang terbaik buat Calvin melalui air susumu.. please, jangan disiasiakan....."

tau dong siapa yang ngasih komen ini...yupe...clodi!

Tuhan mengirimkan bantuan lewat clodi *hugz for clodi*...sejak itu aku dikasih banyak sekali info oleh clodi dan diajak join milis asiforbaby...aku jadi tau klo aku sementara memberikan yang terbaik buat calvin dan itu membuat aku jadi tambah 'kalang kabut'...

*loh?!*

hehehehe...kali ini kalang kabut yang baik...maksudnya...sesusah apapun aku jalanin deh...karna dalam pikiranku cuman satu...memberikan yang terbaik buat calvin...gak hanya itu...Pediatric calvin juga memberi dukungan yang sama...

Pertolongan Tuhan gak berhenti sampe disini...calvin yang tidurnya berantakan buat aku struggle banget...clodi *my tutor* trus menyarankan kasih baby massage...bgitu dapat usul emas itu aku langsung action, telp hospital trus join baby massage class yang emang selama ini aku pengen ikut tapi semangatnya on-off terus...ternyata waktunya tepat sekali...ada class besok harinya...

besok harinya torkis, aku dan calvin dengan semangat dan cerah ceria ikut baby massage class...sejak itu...dunia jadi indah deh...hehehehehe...

Akhirnya 'award' itu sampe juga ditanganku...hehehehehe...

waktu calvin 3 bulan, kita ke dokter buat imunisasi...setelah dokter periksa semua perkembangan calvin dia ngomong ke aku

"YOU'VE DONE A GOOD JOB FOR HIM"

Hwaaaaaaaaaaaaaaa....serasa melayang-layang...aku seperti menari-nari diawan deh *hiperbola nih*...sampe digodain torkis sepanjang hari...hehehehe...

walopun cuman 3 bulan...
walopun jalanku masih panjang banget...
walopun pekerjaanku masih bejibun...

tapi 'award' yang aku dapat sekarang jadi motivator besar buat aku perjuanganku...

Terima kasih Tuhan yang baik...
Terima kasih clodi...
Terima kasih imel...
Terima kasih milis asiforbaby...
Terima kasih semuanya deh...

daaaaaaaaann...

Terima kasih Torkis...yang telah jadi partner yang baik dan setia dalam perjuangan ini...

our lovely baby

Comments

peekaboo said…
Lam kenal, gue ngiri banget baca postingan lo. Masih harus nunggu 3 bulan lagi baru bisa ngegendong si bubba nih. Moga2 bisa kaya lo kasih asi exclusive selama 6 bulan walaupun tiap ari gue ketakutan, takut nga ada ASI yg tersedia buat si bubba. Emang jadi bumil itu tidak gampang, rasa takut selalu datang, takut ini lah takut itu lah sampe sutris sendiri. I guess I just have to wait n see.
Rani said…
haii salam kenal top banget bisa tanpa maid dan BS di indonesia.. kalo kita di luar negeri ya "terpaksa" begitu :> selamat bisa ASI, dan terusin ya sampe 6 bulan, trus dua taon.. sip deh.. salam kenal, Rani moderator asiforbaby
Irene said…
ria, bener ya kalo breastfeed bisa jadi kurus?? sekali tepuk dua lalat anak sehat, ibu juga senang :)

i will remember this when the time comes ;)
jo said…
posting foto langsing dong buuuu.. hehehe
Rani said…
lho, domisili di singapur toh? eh dulu aku bawa bayiku 4 bulan ke bioskop nonton soe hok gie. seru juga
Dyah Astiek said…
oohh ini to rahasianya...

waa tp formulanya ga berlaku buaku ri...

pengasuh+no ASI=badan tetep cungkring xixixi klo ada mau formula yg bikin gemuk duonnkkk hihi

asi-ku dulu byk ri tp ga tau tuh acel ga mau..nangis2 kejer ya udah apa daya ..sedih ingetnya...
nie said…
wahhhh... what a great testimony!! God is good yah, kak Ria :)
Nanti kalo sherly punya baby, boleh dong minta info dr kak ria yg pengalaman ini ;)

God bless!
Anonymous said…
ah, riaaa... bisa aja nih!
intinya sebenernya ada di diri ria sendiri kok! as long as you want to do that! pasti bisa.. memberikan ASI lebih banyak kepada kemauan daripada kemampuan... berasa kan, ria?

=)

tuh, ada rani loh di singapur.. ketemuan aja gih.. secara rani juga lagi hamil.. biar bisa dapet ilmu yang lebih mantep lagih!

tetap semangat yah, sist! GBU!!!

oiya: MPASI = Makanan Pendamping ASI.. bukan Makanan PENGGANTI ASI loh ya!! ^____^ hayo.. hayo.. cari info lebih banyak lagi tentang ASI...
Anonymous said…
Ria, congrats! Well done! Take heart, ga usah kecil hati, skrg emang rasanya cape, tapi ntar kalo ngeliat ke belakang, rasanya waktu cepet banget kok tiba2 anak udah gede...

Mungkin kamu mau coba nyusuin sambil tiduran? Kalo bisa gitu, biasanya kita ikut ketiduran bareng baby, jadinya kita bisa ikut istirahat, malah kadang ga inget kalo baby bangun2.

Kamu juga bisa coba pake sling (www.momsinmind.com.sg) supaya bisa jalan2 berdua sama Calvin tanpa perlu bawa2 pram raksasa.

Tapi yg utama... "I can do all things through Him who strengthens me" Tuhan pasti kasih kekuatan buat kita yg membutuhkan.

God bless!
Anonymous said…
Dear Ria, congrats! Well done! Take heart, ga usah kecil hati. Emang skrg rasanya cape, tapi waktu itu cepet sekali berlalu, tau2 anak udah gede, dan kita akan ngeliat ke blkg dgn senyuman krn kita tau udah kasih yg terbaik buat anak kita... Breastmilk is the best gift that we can give to our babies.

Mungkin Ria mau coba nyusu sambil tiduran? Supaya bisa istirahat sama baby, malah mungkin bisa ikut ketiduran.

Juga bisa cobain sling (www.momsinmind.com.sg) jadi bisa jalan2 berdua sama Calvin ga usah bawa2 pram raksasa.

Tp yg utama... I can do all things through Him who strengthens me... Tuhan pasti kasih kekuatan buat kita yg membutuhkan.

God bless.
Imel
Benny Suryanto said…
RIa....iri deh bisa kasih ASI hix. ASIku ga kluar dan aku udah patah smgt unk trus berjuanng. Segala mcm cara dari makan sayur2 hijau, vitamin "moloco", jamu kunir dll gak bisa malah ada mrongkol in my breast. Aku berhenti deh hix. Dipompa sehari smn 20ml. Terlalu capeek smp makan telat2 mlulu.

No maid+no BS=...not make me slim!!! hauahhahaha. Secara aku naik 23kg, masih 7kg sisa di perut, bokong dll hahaha.
Waduh iri ya..bisa sabar bgt ama anak. Aku kdg males bgt jutek kl dgr Kiyo rewel.Tp klo dia udah senyum eeeh..mleleh jg haha.

Iri jg ama temens yg tinggal di indonesia mreka pake BS..duh..

Aku ksh MPASI umur 4bln kecepeten sih..gara2 tanteku ksh tau mamaku diksh ini itu...wes...runtuh jg pertahananku hehehe.
Ellen Widyasari said…
riaaa...kan 'tas pinggang'nya pindah ke aku :) hehehe..thanks buat testimoni n promosinya..ikut seneng aja sih klo bisa bermanfaat buat yang lain :)
Raquel Brenda said…
Ria..congrats ya...

wah gw tau bgt tuh gimana rasanya...krn pas hamil gw naik ampir 20 kgan trus skrg dah turun 22 kg..
itu semua emang krn breastfeed + no maid + no BS.. hi3x.. emang gw ma suami blum mau pake BS soalnya 5 taun pertama ini menurut kita saat2 yg plg penting buat perkembangan baby kan...so sebisa mungkin kita mau menikmatinya sama2...

Ayo semangat Ria..setelah lulus ASI terusin menyusui ampe 2 thn kalo bisa.
gw kalo kemarin ngga ada masalah dgn sumbatan ASI maunya tetap nyusuin ampe 2 thn.
tapi paling ngga Vanya bisa menikmasi my ASI sampai 11 bulan.

titip sun sayang buat si Calvin ya..GBU
* said…
Ria... wah Calvin lucu sekaliii montok yaa... aku jg ikut tuh milis asiforbaby tapi rada pasif :) memang berguna... salut deh buat para founders dan moderatorsnya... :* buat baby Calvin yaa...
Susan Harsono said…
waaaaaa...CALVIN..lucuu bangeeet...montok lagi..berkat asi ya Ria? :) ayo pasang foto maminya yg udah langsing donk xixixi

Popular posts from this blog

Good Housewife Vs. Working Woman

Surprise di awal tahun