Great Experience

Prepare your sit for a long journey with my posting ^^

Pertama kali melepas mama pulang…rasanya beraaaaaaaaaaaat banget dan penuh dengan kekuatiran…can we make it?!…kita berdua bener” know nothing about raising a baby…sedangkan waktu mama disini…ada apa” mama udah aware dan selalu ada solusi…walopun kita bisa telp tapi beda dengan hadirnya mama disini…hiks…

Calvin makin sering menangis…menangis yang aneh!

Well…sempat bingung mo cerita ini apa gak…karna bisa jadi banyak yang gak ngerti…tapi cerita aja deh… Calvin ini bayi yang ‘sensitif’…yupe! Sensitive dalam tanda petik…lebih tepatnya: roh dia sensitive

Pertamanya kita gak sadar klo menangis dia itu menandakan suatu keanehan, kita pikir ya bayi emang pasti nangis so we must bear with it…sampe satu kali…menjelang hungry ghost month di spore…orang” mulai banyak bangun altar dan sembahyang…termasuk dibawah apartment kita

Sekali pas kita pulang dinner bertiga…kita tentu saja harus melewati mereka yang lagi sembahyang menuju ke lift…

Beberapa menit sebelum jam 12 malam, suara dibawah *tempat org sembahyang* makin ribut…dan Calvin mulai menangis teriak-teriak…kita gak ngerti dia mau apa…kita coba semua usaha…tetap aja dia menangis…bahkan dia menangis sangking lamanya dan kencengnya sampe kehabisan tenaga tapi tetep aja nangis…dan sepanjang nangis calvin digendonganku…sesekali dioper ke torkis…klo ditidurin dia tambah menjerit-jerit…

Pandangan Calvin sebagai seorang bayi tentunya sangat terbatas jangkauannya dan pada saat itu dia belum bisa mengikuti objek yang bergerak…tapi malam itu mata calvin terbuka dengan lebar dan dia mengikuti ‘sesuatu’ yang bergerak…kita berdoa dari yang lemah lembut sampe doa kenceng” mengusir setan…gak hanya itu klo pas aku gendong torkis sampe buka Alkitab ketemu dimana aja dia baca kenceng” dan itu berhasil…calvin bisa tenang tapi cuman sebentar abis gitu dia jerit” lagi…

Menjelang jam 6 pagi baru calvin bisa tidur dan itupun karna dia udah bener” kehabisan tenaga…

Besok paginya baru kita tau ternyata tadi malam…banyak orang kesurupan dibawah…pantesan!

Sayang…tangisan aneh itu tidak berhenti malam itu…terus berlanjut…SETIAP malam pada jam yang sama!

3rd months
Tangisan aneh itu berlanjut terus…aku merasa tenagaku bener” terkuras habis…termasuk pikiran sehat…tapi aku terus aja melakukan apa yang harus aku lakukan…

Rick Warren pernah ngomong bgini…hidup itu bukan seperti lingkaran yang pada saat kita diatas kita senang dan pada saat dibawah kita susah…tapi seperti kereta api…sebenarnya pada saat kita senang ada kesusahan yang perlu kita settle dan pada saat kita susah ada sukacita dan kekuatan yang Tuhan berikan…

It is in deed true!

Bulan ketiga kita ke dokter untuk imunisasi…seperti sebelumnya dokter periksa semua pertumbuhan calvin…dan pada saat aku struggle setiap malam dengan tangisan aneh calvin…dokter justru memberikan berita yang bgitu menyenangkan…

Dia bilang dengan the best acknowledgement smile *xixixixi*
”he grow well…you’ve done a good job on him!”

Waaaaah…ini namanya air segar ditengah padang pasir yang panas…klo mo dibilang tenagaku udah ‘merayap’ dikasih seperti itu langsung naik ke level yang tinggi lagi…walopun keadaan tidak berubah tapi sikap hatiku dan responku berubah terhadap keadaan itu…Puji Tuhan

Dan tidak hanya itu waktu Calvin tepat berumur 3 bulan *sehari setelah ketemu dokter* kita mengadakan perjalanan yang menyenangkan tanpa direncakan *it was fun*…pertama kalinya kita bawa Calvin melihat tanah air *bangga*…xixixixixixi…

But...Something is not settled yet! Klo aku merasa tenagaku ‘merayap’ itu belum apa”…another big wave come after that…fiuuhh..kli ini aku ngelap air mata…

Pulang dari Surabaya…aku bener” kecapekan…malam terakhir disana aku panas tinggi, menggigil dan lemes banget…tapi besok paginya rada baekan dan sorenya kita terbang kembali ke spore…kita harus kembali karna seninnya torkis mulai kerja di company baru…

Selama perjalanan sakitku kumat lagi…bgitu sampe di spore panasku sudah sangat tinggi dan aku lemes banget *gawat banget deh* setelah semua barang terkumpul torkis cepat” bawa aku ke clinic di airport…ternyata panasku sampe 40 derajat *dokter sampe kaget* tapi aku tetap menunjukan ‘I’m OK’

Aku bahkan minta dokter kasih obat yang aman buat breastfeeding mom karna aku gak mau sampe berhenti menyusui, waktu itu dokter sempat concern banget, dia bilang obat itu efek minim banget, harusnya aku minum antibiotic tapi itu gak aman buat baby…aku berkeras, no way aku pengen yang aman buat baby…

Malam itu aku mulai batuk-batuk…dan Calvin mulai lagi dengan tangisan dia…

Bayangkan!!! Please do!!!…selama 3 minggu ke depan aku cuman berada didalam kamar bersama calvin…no rest at all…tiap malam calvin nangis sampe jam 3 pagi…trus aku batuk-batuk di bathroom *sama skali gak tidur* sampe jam 7 pagi trus bgitu mo tidur calvin bangun lagi…pernah beberapa kali aku gak tidur 2x24 jam dan gak mandi pulak…hiiiiii…hehehehe…ketawa dulu dong jangan terlalu serius bacanya…xixixixixi…

Hwaaaaaa…it was not stop there…

Another great thing…

Calvin mengalami constipation menjelang umur 3 bulan…waktu itu dokter bilang mungkin karna dia lagi batuk dan ada flame biasanya emang kena konstipasi…calvin dikasih glycerin untuk mempermudah dia poop

Setelah calvin sembuh ternyata konstipasi dia berlanjut

Dokter warning supaya jangan bergantung dari glycerin, dokter bilang kemungkinan besar dia menyerap 80% dari asi kedalam tubuhnya sehingga dia gak setiap hari poop tapi at least 2 kali dalam seminggu…nah calvin sampe 6 hari gak poop juga *sigh*

Berbagai saran aku kerjakan dari mama, mertua dan teman”…dari minumin air putih, kasih massage khusus buat bantu dia poop trus yang laen” deh…tetap gak berhasil…aku dalam keadaan sakit *flu parah*…sedangkan torkis barusan pindah company yang baru dan memulai karir yang baru..so dia perlu konsen ke kerjaan dia…it means this time I really must go by myself…

NO…NO…NO! Torkis still stand by my side and hand in hand do whatever we can do for our precious one…Calvin! Thank u so much kis…

Calvin gak keliatan seperti orang sakit sama sekali..dia aktif dan bgitu ceria…tapi menjelang hari ke-5 dia mulai gelisah dan gak tenang…mungkin karna mo poop tapi gak bisa…klo udah dikasih glycerin dia mulai tenang lagi dan aktif lagi…

Akhirnya dokter suruh torkis kesana sendiri *during office hour*…ternyata dia mo ngomong beberapa diagnosa kemungkinan yang terjadi pada calvin…dokter suruh torkis dan aku monitor keadaan calvin karna dia takut calvin kena HD (Hirsprung Disease) dan calvin disuruh segera ke dokter untuk di citiscan

Aku jelas aja menolak habis”an…pikirku saat itu…Tuhan berkuasa dan aku tidak akan berikan anakku yang masih bayi ini di citiscan! NO WAY!

Time is critical…sepertinya citiscan itu mendesak sekali…penasaran pas calvin tidur aku googling di internet cari info tentang HD…

OMG!!! It can’t be this way!!!

Ini penyakit mengerikan sekali…secara singkat seperti ini…pada saat kehamilan di minggu ke 12 sampe 15 ada satu saraf diusus besar yang tidak terbentuk sehingga gerakan peristaltic untuk ngedan itu tidak bisa terjadi…pasien HD harus dioperasi dan setelah operasi pasien akan poop ke kantong yang disediakan…bukan seperti orang normal

HHHhhhh…I feel like the end of the world…

Aku nunggu anak ini 2 tahun…dia bgitu adorable…but it end up like this

NO WAY! Aku tolak semua itu dalam doa dan perkataan tiap hari…just to remind u…I’m in bad health at that time…pernah sekali selama 1 jam aku tumpang tangan atas perut calvin dan mulai berdoa dan beriman
“oleh bilur-bilur Yesus calvin sembuh”
“oleh bilur-bilur Yesus calvin poop sekarang


Pikiranku aku konsentrasikan pada apa yang aku katakan…dan aku visualize calvin poop dengan normal, sampe semua keringatku keluar…aku ngomong sampe suaraku habis...bajuku basah...abis gitu aku bener" lemes…but...nothing happen!

Just to remind u…aku dalam kondisi sakit flu yang parah tanpa tidur dan gak mandi…bahkan sangking tingginya panas, sampe darah keluar dari hidungku...gak ada teman dan selama 24 jam berada di kamar dan melihat kenyataan yang ada…dan intimidasi iblis lewat pikiran” buruk yang merajalela…

Tubuhku parah
Jiwaku koyak karna semua kenyataan
Tapi
Rohku menyala-nyala karna Tuhan itu hidup


Aku berdoa tanpa kenal waktu…
Aku baca firman setiap kali ada kesempatan
Aku beriman walopun berat luar biasa

let's make it simple:
Panas tinggi
Batuk parah
Badan lemes
Darah keluar dari hidung
Tidak tidur
Tidak mandi
Anak nangis malam”
Anak di diagnosa mengerikan
Berada dalam kamar berminggu” tanpa teman sama sekali kecuali suami pada malam hari

It is really…only me and God!

Inilah progress intinya...saat itu memang cuman aku dan Tuhan...aku pernah mendengar khotbah tentang jiwa yang melekat pada Tuhan...dan dalam hati aku kepengen seperti itu...ternyata kepengen aja Tuhan dengar ya...

Saat itu...aku tumpahkan semua perasaanku pada Tuhan...SETIAP SAAT...waktu ada kuatir aku kasih tau Tuhan...waktu hati jadi sedih banget Tuhan yang tau...waktu ada keinginan yang pada saat itu impossible banget terjadi aku tetap kasih tau Tuhan...pokoknya 1x24 jam...setiap apa yang aku rasakan aku kasih tau Tuhan...Dia yang pertama tau apa yang aku rasakan...jadi aku seperti ngobrol ama Tuhan

trus...

Tuhan pimpin aku untuk baca firman...ternyata semua itu terjawab di firman..waktu itu aku selesaikan amsal...dan semua yang aku tanya pagi ato siangnya...terjawab saat aku baca firman sore ato malamnya...bgitu sebaliknya...pokoknya instant answer dari firman...trus aku bisa merasakan jawaban itu lewat pengertian yang aku dapatkan dalam hati...ato lewat perasaan damai...ato lewat kekuatan...

dan...aku bisa merasakan...saat Tuhan jadi teman kita...indaaaaaaaaaah banget...baru bisa merasakan...tenang dalam badai...duh indah deh...

dan......

4th months
Suatu siang…rora teman gereja (yang juga punya bayi elisha yang lahir sebulan sebelum calvin lahir) sms katanya dia mo kerumah bareng elisha sang baby…sekian lama kita berteman belum pernah sekalipun rora berkunjung kerumah..tapi siang itu dia mo kerumah…

Aku yang lagi kesepian tentunya menerima rora dan bayinya dengan senang hati…gak lama andri *suami rora* juga menyusul…kita cerita” sampe malam trus torkis pulang kita dinner bersama…menjelang mereka pulang baru aku cerita tentang pergumulanku…

God is good…bukan kebetulan rora datang kerumah…aku percaya itu rencana Tuhan buat kita...aku dikuatkan lewat andri yang baru lulus dari Bible school…ada dua pernyataan dari andri yang aku pegang kuat”…masih ingat aku doa pake otoritas and nothing happen?!

Andri bilang…saat kita berdoa dan beriman…telah terjadi sesuatu di alam roh…kita harus terus beriman sampe itu terjadi di alam kasat mata…

Yang kedua…pada saat dia berdoaandri tolak semua diagnosa negatif dari dokter

Malam itu aku merasakan kekuatanku mulai pulih tapi tidak dengan kenyataan yang ada!

tapi Roh yang menyala-nyala itu terus dihantam oleh tubuh dan jiwa yang lemah dan juga kenyataan yang benar” nyata…

Lewat salah satu hamba Tuhan di indo…aku disuruh nyari hamba Tuhan di spore untuk mengadakan doa ‘pelepasan’ bagi calvin…masih ingat?! Something is not settled yet...yupe menangis yang aneh itu

Dalam keadan jungkir balik itu…aku telp semua hamba Tuhan yang dispore..ternyata gak ada satupun yang lagi di spore…semua lagi melayani di luar negeri…fiiiuuuuuhh…

Setelah menelpon hamba Tuhan yang terakhir…aku bener” udah gak kuat…aku sandaran ketembok dan melorot sampe ke lantai…aku biarin aku dalam keadaan telungkup dan menangis sampe puas…aku cuman pengen menangis! Hancur itu kata yang tepat buat keadaanku saat itu…

That’s it…I will tell u no more…coz it’s the end…it’s enough for now!!!

Tuhan bisa saja mengubah keadaan ini dengan seketika...tapi itu tidak terjadi...yang terjadi adalah...God empower me to settle all the problems...He open the ways and works through all things...

Tuhan mengarahkan aku pada tante lola…tante lola baru available beberapa hari kemudian…tante datang jam 9 malam dan mulai melayani kita sampe jam 3 pagi…roh Calvin dibebaskan dari ‘sensitif’ tadi…Puji Tuhan!

Sejak hari itu…mujisat!NO MORE TANGISAN ANEH! Berhenti sampe saat ini…luar biasa…klo nangis mah tetap ada tapi yang normal pas lapar aja…

Tapi tante emang pada saat itu cuman melayani pelepasan dia gak melayani tentang sakit konstipasi calvin…gak tau napa waktu itu kita gak minta dilayani ama tante…

Aku tau sekarang karna Tuhan tidak menghendaki itu! God wants me to settle one by one so that i can learn to count on Him...

Sampe saat itu aku berkeras tidak mau ke dokter untuk melakukan citiscan sama sekali…akhirnya torkis ke dokter lagi *sendirian*…dokter kasih dia minuman probiotik *kayak yakult buat baby gitu*…dia bilang coba terapi dengan ini dulu…dokter bilang biasanya probiotik ini akan bereaksi setelah diminum selama 1 bulan

Hatiku berkata “it will be faster than that!!!”

2 malam setelah itu calvin tidur gak tenang…dia minta mimik berulang kali…aku bener” gak bisa tidur lelap…pas pagi aku kasian ama Calvin yang semalaman tidur gak enak jadi aku dalam keadaan pusing berat…aku angkat dia dengan maksud menyusui sambil gendong dia…pas aku angkat

PROOOOOOOOOOTTTTTTTTTTTTTT!!! dan bau yang sekian lama aku dambakan menyusul…

YUPE!!! Calvin poop tanpa bantuan glycerin 2 hari setelah minum probitiok! Puji Tuhan!
Dengan calvin dalam gendonganku..aku menangis…bener” banjir air mata…kemudian torkis bergabung dengan kita dan berdoa mengucap syukur…

Akhirnya kita ke dokter lagi untuk imunisasi…I make everything seems to be normal *coz it is normal*…aku imani doa andri dengan sungguh”…aku ignore semua diagnosa dokter…aku datang ke dokter buat imunisasi bukan untuk dipaksa citiscan…

Dan itu terjadi!

Ternyata!!! Dokter mengaku kalo HD itu cuman @ the back of her mind!!! Itu cuman the worst case!!! Dan dokter pun minta maap karna udah buat kita *terutama aku* kuatir
Aku tidak marah ama dokter sama sekali…justru aku seperti menari-nari didalam ruang dokter…apalagi perkembangan calvin semuanya perfect…

Konstipasi terus berlanjut…

Keadaan sudah berubah tapi belum sempurna seperti yang aku imani…I’m not finish yet! Calvin masih poop dengan bantuan glycerin

Akhirnya lewat hamba Tuhan yang diindo kita berdua dituntun untuk berpuasa sekali dalam seminggu…

Mujizat…sejak minggu pertama kita puasa…Calvin mulai poop dengan baik…sometimes dia pause sehari ato dua hari…tapi abis gitu…balik lagi...dan dokter menetapkan memang bener tubuh Calvin menyerap 80% asi ketubuhnya…makanya dia montok…hehehehehe…

Berakhirnya masalah itu aku juga sembuh…

Klo asi baik buat baby…milis asiforbaby baik buat mommy-nya…hehehehe…lewat milis aku tau banyak baby yang mengalami kejadian yang sama, bahkan ada yang lebih parah…itu buat aku sadar…berbagi cerita itu penting supaya lack of knowledge gak buat kita menderita…

Sepanjang pergumulan itu…beberapa kali torkis paksa aku keluar untuk sekedar lunch ato dinner…setiap kali ketemu orang…baik yang kenal ato gak…mereka pasti gemes liat calvin…dasar emang calvin klo ketemu stranger selalu menebar senyum mempesona…hehehee…

Hampir semua orang bilang…”cute baby…sehat banget yaa...” sambil toel-toel badannya calvin…

Aku dengar gitu…hati rasanya hancur…”u know nothing…” tapi mulutku selalu keluar “amin”

Aku jadi peka dengan kata” sehat yang dikeluarkan orang-orang sekitar buat Calvin…karna ku selalu amin-in semua kata-kata yang umumnya tidak mereka sadari

Pertolongan dari teman-teman cell group juga luar biasa…setelah dari dokter calvin didoakan rame-rame…Tuhan berbicara lewat salah satu dari mereka…Tuhan pastikan calvin tidak sakit tapi yang bermasalah itu aku…

Aku terlalu kuatir
Aku terlalu takut

Ketidakstabilan-ku punya efek besar buat calvin…apalagi aku brestfeeding mom…bonding antara kita berdua itu membuat calvin bisa rasakan uneasy yang aku alami sehingga dia juga nangis gak menentu

Well…ceritaku rada puzzle…

Let’s come to the conclusion…

God let me touching the zero ground so that I can count on Him 100%…aku merasakan sekitarku semuanya tembok tanpa pintu…dan tembok itu seakan-akan bergerak dan menghimpit aku dari semua arah…tapi bgitu aku melihat keatas…Yes God is there!

Aku merasa masa depan yang bgitu suram…anak yang aku perjuangkan 2 tahun harus poop ke kantong tentu saja dia masuk dalam kategori ‘tidak normal’but God’s specialty is turning the bad thing to be good…and He did!

During that turbulence I even manage to whisper a prayer…”God let’ me feel the joy of having a children and let me enjoy my child”
Sebelum punya anak tentunya aku selalu membayangkan indahnya punya anak dan it seems impossible to have all that wonderful feeling in the first few months…but GOD listen!

Sejak lepas dari masalah itu…bahkan sebelum semuanya benar” settle…torkis dan aku makin merasakan indahnya punya anak…setiap malam kita punya waktu bermain bersama…bahkan bonding itu gak hanya antara aku dan calvin…tapi bonding itu juga kuat antara torkis dan calvin…

Calvin biasanya tidur sepanjang siang…baru bangun sore beberapa jam untuk main dan mandi abis gitu tidur lagi…beberapa menit menjelang torkis pulang calvin udah bangun…dan klo torkis lagi ON DUTY di kantor…biasanya selama seminggu penuh torkis pulang kadang” sampe jam 12 malam…calvin tetap tunggu…dia gak mau tidur sama sekali…bgitu torkis pulang main dan peluk” dia barusan dia mau tidur…

Setiap weekend kita selalu punya acara…biasanya dari pagi sampe malam…beberapa kali calvin kecapekan sekali…klo tidur malam gitu…tiba-tiba dia nangis kenceng…klo udah gitu torkis gendong dan peluk dia erat” dan makin lama tangisan dia makin reda dan tidur dalam gendongan torkis…

as for me…the whole turbulence just make me experience more of God through Calvin’s life…having a children make me understand God’s love as my Abba Father, the willing and eagerness to give the best to the one I love…and it surely makes me stronger and stronger...the best part is now i understand how this verse works "...I can do all things through God who strengthen me..."

for Torkis…usually he will be like zombi after spending a long night without sleeping…but having a child is not only a night…it is every night…however he still manage to do great things at the office…and he gain the bonding between father and son...

and for Calvin...through the ups and downs time...he is still adorable and grow well...just take a look on all of his pictures...nobody believe he was in tough time...God is good!

…cerita ini akan bertahan jadi cerita kita dalam waktu yang panjang…karna sekarang kita lagi sibuk persiapan adekku mo merita dan untuk mudik desember nanti…till we meet again friends…

Comments

Anonymous said…
riaaa.....

thanks a bunch....entry loe kali ini bener2 bikin gw nangis,bikingw baca berkali2 dan bener2 bikin gw "kerdil"...semua yang yang gw rasain, semua yang gw alamin belakang2an ini....gag sebanding dengan "perjuangan" loe untuk calvin...

kekuatiran gw, ketakutan gw, kebimbangan gw....ummm....

thanks banget......muuuaaacchhhh.....

God bless you,calvin,torkis....a million Lord blessing........^_^...
Ellen Widyasari said…
riaaaa...bacanya sambil ikut ngos-ngosan..terus terang sebenernya pingin skali2 ngetuk pintu klo pas anter makanan, tapi selalu kuurungkan,takut ngeganggu ^-^

semoga calvin selalu sehat,ya ria..pengalamanku dengan iffah, sampai umur 3th biasanya adaaa aja,bolak-balik ke dr.tapi stlh 3th, udah stabil,jarang bgt sakit
Anonymous said…
Ria, aku sampe speechless baca entrimu kali ini. Kekuasaan Tuhan emang melebihi segala sesuatu, dan tiap hari selalu ada aja hal yang memperlihatkan kebesaran-Nya. Thanks untuk postinganmu yg ini, you wouldn't know how God may have used this to call upon other people :). Salam buat Torkis dan sun sayang buat Calvin. GBU all.
nie said…
kak Ria, Tuhan bener2 sayang keluarga kak Ria! Dia bener-bener bawa iman kak Ria bertumbuh step by step. Meskipun berat dan melelahkan, tapi Tuhan tak pernah tinggalkan kak Ria. Puji Tuhan!
Sherly bersukacita buat keluarga kak Ria selalu :)

btw, Sherly jg cek ternyata bisanya cuma di IE. Mau sherly bikinin leot kah, kak Ria? Coba sherly bantu atasi masalah loading kk mungkin dgn leot n html code dr sherly? Kalo kak Ria mau, email sherly ya, kasih tau kak ria mau yg seperti apa, warna, tema, etc etc sedetail mungkin, ato mungkin kalo mau taruh foto sbg header, nti sherly bikinin dgn senang hati. :) GBU
Flona said…
wah bagus deh kalow calvin dah gag nangis aneh2 lagi *lega*
Anonymous said…
Kak Ria, everytime I read your postings, I always learnt a lot of things. I adore Him more and more because of you!!

Thanks sooooo much for share all your experience, your life, your thoughts, your faith, so we can learn and learn more about HIM.I hope the best for you and your family, especially Calvin.

fany

Popular posts from this blog

Surprise di awal tahun

NO maid + no BS = ?

Siang & Malam