Refreshment

aku gak mengerti kenapa aku harus begini
aku berusaha segala cara yang terbaik tapi tetap aja buntu
aku berdoa tapi tidak ada jawaban


keadaan tidak berubah
keadaan bertambah buruk karna energiku juga sudah mulai terkuras untuk keadaan ini
keadaan ini sepertinya menghentikan waktu...

kenapa ini harus terjadi dengan aku?
harusnya aku punya kekuatan dan kesempatan untuk 'lari' dari masalah...tapi aku gak mau...

I choose to submit...tapi napa bgini yang terjadi?'
kapan ini berakhir...

.....pernah gak sih temans merasakan yang kayak bgini?!...sepertinya no way out...

aku sendiri beberapa kli mengalami kayak bgini...tapi makin lama...'keadaan' itu makin panjang durasinya....sigh...

bener" clueless...

ternyata...

'keadaan' itu bernama 'proses dari Tuhan'...

waktu aku bilang "Tuhan aku serahkan hatiku bentuklah sesuai kehendakMu"...

aku pikir...aku akan mempunyai hati yang lembut, penuh belas kasihan, sabar dan yang bagus" deh kayak hatinya Tuhan *boro" deh*

yang terjadi?!

aku dibuat menderita karna hati...sensitif, gampang marah, sombong, emosional..dan semua yang buruk *arrrrrrrrrghhh...kok jadi bgini*

rupanya itulah bentuk hatiku yang asli...gak mungkin kan diisi ama Tuhan yang bagus klo yang rusak gak dikeluarin dulu...

hati itu terus dihajar berulang kali...sampe tereaaaak "ammmmmpppuuuuuuuuuun..." tetep aja proses itu gak berhenti...proses itu keep on and on...hati itu terasa ditarik kesegala arah dan sakit minta ampun...

tapi bgitu proses itu berhenti....Hhhhhhhhhh...lega...kok ditusuk gak sakit lagi yaa..di hina" gak sakit lagi...

OOooo...ternyata diproses melebarkan hati sehingga bisa nampung hal" yang dulu terasa berat dihati...

saat aku bilang "Tuhan aku percaya jika Engkau memberikan kami anak...maka ada berkat yang menyertai...."

yang terjadi: company torkis bangkrut *great*...cari kerja susaaaaaaah...kerja ditempat yang lama kena ancaman tiap minggu bakal ada pemecatan masal...

aku tereak..."Tuhaaaaaaann help us pleeeaseeee"...

ditengah 'keadaan' yang tidak menentu seperti itu...tentu aja ada kekuatan yang Tuhan injeksikan supaya aku dapat survive...

kekuatan itu berupa ketenangan hati seperti ini...

"hidup ini klo dipikir"...semua karna anugrah...usaha kita gak sebanding dengan berkat yang kita terima...lagian usaha kita apa yang bisa buat anak ini hidup? semua hanya karna kasih karunia aja...so kenapa kuatir? Tuhan hidup kok"

trus khotbah digereja bilang....

"kuasailah dirimu *jangan kuatir!* supaya menjadi tenang dan berdoalah..."

beneran setelah tenang doanya udah gak tereak" lagi *hehehehehehe*...

Dan...step berikutnya...tentunya aja...pintu terbukaaaa *yeaaaah*...dapat kerjaan di company yang OK (yg denger" jam kerjanya lumayan menyenangkan hati istri)...hahahaha...trus gak nyangka torkis dapat posisi yang lumayan OK...klo tetep di company lama butuh waktu at least 3-4 taon untuk mencapai posisi itu...dan tentu saja gaji...gak hanya ituuuuuuuu...setaon dapat 24 hari cuti dan 6 hari cuti untuk family *total 1 bulan dong*....

nah kan..punya anak gak hanya dikasih berkat...hari cutipun Tuhan perhitungkan...

"duh Tuhan...ternyata bgitu yah prosesnya...tau gitu kemaren gak tereak" minta tolong seperti orang mo mati...hehehehehe...ampuuuun Tuhan"

Recently...saya sendiri *not as a family* masuk another process...

Biasanya...mama jadi curahan hati....tapi sejak menikah udah mulai berkurang dan makin berkurang...terus berkurang...sampe ketitik nol *great*...tentu saja 'keadaan' yang baru ini aku sama sekali gak curhat ke mama...curhat sedikit ke teman...kayaknya kok tetep aja gak dapat damai sejahtera...so this time i have to deal alone with God...belajar curhat ama Tuhan...

udah taat...udah melakukan yang Tuhan mau...udah semuanya...tapi kok keadaan bgini ya?! *sigh another one*...dan waktunya kok lebih panjaaaaang *oh my*...

Kekuatan saat menghadapi proses itu nyata banget *klo kita mo peka*...minggu lalu digereja khotbah lumayan "hot"...tapi setelah itu satu pintu besar terbuka *haleluyah*...but it's not the only problems...

Minggu kemaren...kekuatan baru diinjeksikan lagi:

seperti proses dari tanah liat menjadi sebuah guci yang bernilai...mulai dari proses menghilangkan butiran batu yang ada didalamnya....kemudian pembentukan...dan masuk kedalam tungku pembakaran...sampai di ukir dengan seni yang indah...

kita waktu masuk dalam proses Tuhan juga butuh waktu dan tentu saja saat melalui proses itu sangat menyakitkan...karna ada kedagingan kita yang di shapping ama Tuhan terutama karakter...hasilnya tentu membawa kekekalan bagi kita...

menjelang akhir khotbah...aku merasa dihibur ama Tuhan...

"bertahaaaaaaaaan dan terus bertahaan dalam ketaatan karna kita gak pernah tau kapan proses itu berakhir...bisa jadi besok proses itu the end tapi hari ini kita udah nyerah...Tuhan memperhitungkan semuanya itu...Tuhan peduli"

Proses yang luar biasa susah...tapi hasilnya...lebih dari yang bisa kita pikiran bahkan yang gak dipikirkan sama sekali...yang kecil" itu diperhitungkan juga ama Tuhan....emang ya klo Tuhan kerja gak setengah" yaaaa...

well...it's no the end yet for me...tapi aku tau...

...proses itu shapping my character and make me understand my Abba father more and more...

Comments

nie said…
Kak Ria, tfs! Saat ini keluarga Sherly sedang dalam perasaan yg seperti Kak Ria jabarkan di post itu. Dah clueless... Tapi yang terpenting adalah kita berdua yakin bahwa Tuhan berserta kita dan Dia mendengar doa2 kita dan berkarya di dalam kehidupan kita untuk membawa kebaikan :)
nie said…
Kak Ria, thank you banget encouragementnya :)
Ttg buku 5 Love Languages, di Singapore pasti ada, waktu itu Sherly dibeliin temen di IMM.
Sorry ya, waktu itu transit 1 hari di SGP tapi ga bilang2, soale cape berat. Lain kali Sherly mampir agak lamaan, pasti ta kasih tau :)
Anonymous said…
sama, kemarin minta sesuatu ama Tuhan. Sampe sekarang masih belum dikasih karena setelah aku liat sebetulnya aku masih belum siap. Jadi Dia kasih ujian dulu....buat aku beraaattt banget :)
So God said YES but on HIS term and condition and of course HIS time, not mine.

BTW ini yang bener bener bikin aku kuat:

I Corinthians 2:9-16
Proverbs 3:5-6
Anonymous said…
Ria, thanks for sharing. Ini quotation yg Ongky kasih buat aku taun lalu utk menguatkan aku: On our earthly pilgrimage we have our valleys of depression and weeping, as well as our transfiguration heights. Thank God that life is not one long dull monotony. Let us not find fault with the road, but make the best of it. Every phase of our experience has its compensations. Look out for them.

Popular posts from this blog

Surprise di awal tahun

NO maid + no BS = ?

Siang & Malam