Delivery Story

about the date...
*kenapa tgl 27?*

baby mulai keliatan montok dibulan ke-8...dokter warning klo baby terlalu besar gak mungkin natural delivery karna resiko bekas caesar yang pertama bisa burst *hiiiiii*...menjelang bulan ke-9...dokter geleng-geleng sambil ngomong "noway we can continue with natural delivery"...berat baby waktu itu udah 3.5 kg...berdasarakan test sih semuanya normal gak ada diabetes...menurut sang dokter klopun ada kontraksi dan pecah ketuban...dia cuman bisa nunggu sampe 6 jam klo dalam 6 jam gak keluar tetap harus caesar...

soooo...*ketok palu*...caesar with epidural on 27 *it is*...biar emak dan anak tanggal lahirnya sama...dan biar bapaknya senang...hahahaha...emang sejak hamil Torkis pengen anaknya lahir tgl 27...biar sekaligus hemat klo buat party...hahahaha...*whatever lah*...yang penting baby selamat dan saya lega...abis si baby udah toel-toel paru" saya jadi tiap hari sesak napas...

on the date...
*kenapa jam 6 pm?*

Sekali lagi keinginan Torkis...Torkis pengen kita gereja dulu...paginya dia jadi WL *worship leader* dan saya jadi singer...so dia bilang jam 6 aja deh...biar gak selesai dulu tugas kita dan gak tegang nunggu detik" operasi...justru klo dipake buat pelayanan lebih enak jalaninnya...dan udah tradisi pasti aku didoain rame" satu gereja...hehehehe...gak nyangka juga hari itu ada perjamuan kudus...so komplit deh....

delivery story...
*warning: serem!*

Setelah semua urusan admission kelar aku dibawa masuk ke ward buat preparation...bgitu masuk ward...kontraksi dimulai...alat monitor untuk kontraksi dan detak jantung baby dipasang...sementara para nurse mulai semua proses preparation...ternyata makin lama makin kenceng...akhirnya mereka telpon dokter...dokter minta waktu operasi di majukan...bowel cleansing gak dilakukan karna takut proses itu buat water broke...

saya mah *masih* tenang...dalam hati "whatever lah yang penting cepat kelar"...seperti rencana "caesar with epidural"...so torkis bakal masuk ke operating theater buat nemenin aku selama operasi...tapi setelah epidural dipasang dulu...dan proses caesar with epidural yang pertama kali berjalan dengan lancar...so saya gak kuatir sama sekali...

suntikan epidural *alamaaaaaaaaaak*...sakitnya minta ampun...padahal waktu caesar yang pertama gak berasa sama sekali....saya tereak lah sekenceng"nya...maksudnya biar mengatasi rasa sakit...hehehe...mulai dari situ aku mulai resah...dokter mulai cek epidural udah mulai bekerja apa belon sambil suruh salah satu nurse siapkan Torkis masuk ruang operasi *kudu pake baju astronot*...hehehehe...ternyata...yang numb cuman kaki kiri...si gyne yang udah hadir ikutan bingung...tempat tidur operasi di putar sampe kepalaku kebawah trus ke kiri dan ke kanan *mungkin supaya obatnya menyebar*...tetap aja gak...mereka coba tekan untuk test...aku langsung tereak" rasanya sakit sekali...si gyne sampe heran...cuman pake jari kok aku kesakitan...dokter anestetik juga heran ini epidural udah masuk semua kok masih berasa...tiba" dokter anestetik setengah berteriak "change to GA now!!! the blood pressure going down!!!'...trus dia tereak lagi "hold the husband outside!"...si gyne cepat bereaksi tapi tetap dia minta pesetujuan dari aku...no time to bargain...so aku cuman minta pake obat bius yang gak buat aku struggle saat bangun nanti...deal!

...semua orang dalam ruangan bergerak lebih cepat dari beberapa menit sebelumnya...
...tanganku kiri dan kanan ntah diapain yang pasti beberapa orang konsen kesana...
...beberapa menit setelah benda itu dipasang kehidungku...aku udah gak ingat apa" lagi...


rasanya bgitu cepaaaat...tiba" ada yang panggil"..."maria...maria...maria...congratulations you get a sweet baby girl..." and the gyne gone!...sebenarnya saya yang gone alias gak sadar lagi...hehehehe...

lumayan tuh timbul tenggelam...bgitu sadar lagi...saya lagi di toel"...dan tuh orang *dokter kayaknya* ngomong *singlish* "you are actress a? so many people waiting for you out there!"...ntah apa jawaban saya karna abis gitu saya 'tenggelam lagi'...

bgitu keluar dari ruang operasi masih mabok...tapi bisa berasa banyak jepretan camera *wah beneran nih banyak paparazi*...xixixixixi...cuman sadar waktu ketemu Torkis dan Calvin doang...

setelah semuanya kelar...

ternyataaaaaaaaa....teman gereja saya pada disana semuanya *soooo sweeeeeet*...pantesan saya dikira artis *bangga*...hahahahahaha...smoga waktu itu saya mengangguk instead of menggeleng...hahahahaha..itu lah salah satu berkat kita di spore...punya 'family in Christ' *Puji Tuhan!*

trus...
*kenapa epidural gak bekerja?*

menurut dokter...saya sehat dan harusnya semua berjalan dengan lancar tapi karna reaksi psikologis *ketakutan yang berlebihan* membatalkan physical reaction *numbness*

saya ketakutan berlebihan? *iya banget*...karna denger cerita2 serem tentang melahirkan...salah satunya epidural yang salah tempat harusnya numb dari pinggang kebawah...ini malah pinggang keatas...anak selamat tapi si ibu akhirnya meninggal...

awalnya sih waktu denger cuek aja...bahkan udah diruang operasi juga gak ingat lagi...tapi pas suntikan epidural yang sakit buat aku resah dan semua cerita serem itu pada ngumpul dan absen di pikiran satu per satu...itu buat aku panik dan ketakutan..apalagi suasana ruang operasi *kayaknya* jadi lebih menyeramkan...hiiiiiii...

HHhhhhhhhhh...tapi semua sudah berlalu...semua karna kebesaran Tuhan...

aku gak hanya melewatinya dengan baik...tapi dengan anugerah dari Tuhan...
dan sekarang menikmati indahnya berkat Tuhan...

aku jadi berpikir...

apa yang tidak kelihatan itu lebih dahsyat daripada yang keliatan!

reaksi psikologis sangat dahsyat dan bisa membatalkan physical reaction...berati bisa membatalkan penyakit berbahaya lainnya dong...dan dengan kata lain..klo reaksi psikologis itu bernama IMAN tentunya yang terjadi lebih dahsyat lagi....hmmmmmm...*bgitu yah?!*...

Comments

nie said…
Baca ceritanya jadi serasa seru banget, Kak Ria! Hehehe... Puji Tuhan ya sehat2 aja si Becky juga Kak Ria.
Yang pas dokternya bilang ttg artis itu aku ketawa deh hahahaha... lucu.
Pinkbuble said…
ka' Ria....Congrats for another blessing in ur family!!

Btw, this story very inspiring loh..aku yang lagi down *lagi-lagi* soal PR...begitu baca ini langsung dapet apa yah..how to say it..i got the strength i need!

Thanks for sharing..Iyah, Iman itu mengalahkan segalanya dan punya efek yg dasyat!!

Aku bagiin story ini ke family ku and surprisingly..mama juga dikuatin dr cerita Ka' Ria ini.
Thank u Kak!!
teano said…
~nie: hahahaha...iya diantara suasana tegang...pastiiii aja ada yang lucu...hahahaha...

~elrica: Puji Tuhan udah menguatkan Elrica n fam...aku juga klo gak ngalamin kejadian itu...gak fully understand ttg iman...GBU sis ^^
Natalie said…
Selalu inget......kamis masih jalan2 ama aku, makan di Marche, then minggu melahirkan...n minggu pagi katanya masih pelayanan di gereja..dahsyat !!!!

Nat Dj
Visit My Web
Yulian said…
Riaaaa....
Congrats yaaa for yr baby girl :)
Becky cuteeeee dan gemesin banged! *liat fotonya di FB*

Postingannya menguatkan. God is great yaaa :)

Popular posts from this blog

Surprise di awal tahun

NO maid + no BS = ?

Siang & Malam