JoB AppLicaTioN in Spore

Mo sharing nih....

Rasanya untuk 1 tahun terakhir ini aku terbiasa banget dengan kata “Job Application”. Hampir setiap hari aku mengunjungi website-website yang ada for seeking a job dan posting resume…jika ada job vacancy yang cocok.

Bagi aku, untuk urusan seeking a job ini rasanya udah terbiasa banget. Kebetulan banyak sekali teman2 yang sering tanya bagaimana bisa kerja di Spore. Nah…...ini ada sedikit tips buat teman2 yang pengen hunting
job di Spore.

Bagaimana caranya mencari job di Spore?

Secara umum ada 3 cara

Pertama: Come and stay in Spore. Alasannya:

First: Umumnya prosedur recruitment di Spore itu butuh respond yang cepat dari applicant. contohnya: jika perusahaan X tertarik dengan applicant Y, maka mereka akan langsung menelpon si applicant dan membuat appointment untuk interview, biasanya telp hari ini untuk interview besok. Ini akan menyulitkan sekali kalo si applicant tidak berada di Spore (according to them laaah)

Second: Companies di Spore lebih consider orang (foreigner) yang tinggal di Spore, karena mereka2 ini lebih mudah dikontak, tidak memakan waktu dan biaya yang (biaya telp misalnya, ato jika di kontak by e-mail akan memakan waktu yang lama…at least lebih lama daripada telp langsung)

Kedua: Gunakan Job Agent ato Job Consultant
Cara kedua ini tidak perlu datang dan tinggal di Spore karena ada Job Agent Singapore yang punya branch office di Indonesia.

Job Agent ini akan membantu pengurusan mendapatkan Landed Permanent Resident (LPR) bagi applicant. LPR adalah eligible Permanet Resident atau bisa juga di sebut setengah Permanent Resident (PR), maksudnya applicant eligible untuk mendapat Permanent Resident dengan syarat applicant harus mempunyai full-time job di Spore.

Biasanya Job Agent akan mengurus dari LPR application sampe mencarikan perkerjaan di Spore. Untuk LPR application biasanya membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk mengetahui LPR si applicant di approve ato tidak.
Dan tentu saja Job Agent ini akan men-charge harga yang lumayan (siap2 aja deh ^_^ ). Informasi terakhir yang saya terima biayanya sekitar 2300 SGD (di-convert sendiri yaaa :p). Biaya ini juga bergantung pada service yang kita inginkan. Jika LPR di approved maka applicant akan di beri waktu 2 tahun untuk mencari kerja di Spore.

Salah satu Job Agent yang salah tau adalah SMC Management Consultant (http://www.smcmc.com)

Kantor SMCMC ini ada di Kepala Gading-Jakarta. Letaknya disebelah mana Kepala Gading…saya gak tau…hehehehe…coba telp aja ke (021) 45844360/62.

Cara lain: LPR juga bisa di apply secara langsung dengan menggunakan on-line
application di website ini: http://www.migration.com.hk/English/LPR.htm


Ketiga: Sekolah di Spore
Bagi yang baru lulus Bachelor (s1) atau SMU, biasanya ini cara yang tepat. Cobalah cari informasi scholarship di sekolah2 di Spore. Saya gak tau jelas disebelah mana scholarship itu, tapi cobalah searching kesini:

a. National University of Singapore : www.nus.edu.sg
b. Nanyang Technological University : www.ntu.edu.sg
c. Singapore Management University : www.smu.edu.sg

Itu 3 university yang terkenal di Spore, kalo mau cari academic institution yang lain, silahkan search di www.google.com.
Singapore government mempunyai kebijaksanaan bagi mereka yang lulus dari university/polytechnic di Singapore akan langsung diberi LPR dalam jangka waktu 1 tahun. Artinya dalam satu tahun mereka di beri kesempatan untuk mencari job di Spore. Once the get a job, maka mereka akan langsung mendapat Permanent Resident (PR).

Issue yang lain, bagi foreigner yang mau mencari pekerjaan minimal harus mempunyai Employment Pass (EP). Recently, Spore govt. mengeluarkan peraturan baru. Syarat untuk mendapatkan EP adalah Professionals , mempunyai skill dan minimum salary 2500 SGD. Menurut informasi yang saya dapat, prof. itu maksudnya mereka yang
sudah punya pengalaman kerja dan degree. Jadi cara ketiga ini cocok bagi mereka yang baru lulus. Kalo sudah punya LPR, syarat tersebut tidak berlaku lagi.

Aniwei….kalo tetap gak mau pake ketiga cara itu…masih ada cara yang lain.

Single Fighter
Silahkan melakukan sendiri Job Search…beberapa website yang bisa digunakan:

a. www.jobstreet.com.sg
b. www.jobsdb.com.sg
c. www.monster.com.sg
d. www.ppsjob.com.sg
e. www.asiaonecareers.com

Masih banyak yang lain, tapi yang saya tau 5 website ini yang paling OK laaah.

Atau…masuk ke website perusahaan di Spore, biasanya mereka menyediakan kolom career, Seperti:

a. www.singtel.com
b. www.citibank.com.sg (dll....hehehehe)

Informasi tentang seeking a job in Singapore masih banyak sekali dan beragam. Silahkan masuk ada ke www.google.com, search engine ini bakal membantu banget.

Akhir kata….”melamar yyuuukk…!” biar saya punya teman di Spore…hehehehe…

Popular posts from this blog

Good Housewife Vs. Working Woman

Surprise di awal tahun