My Baby

Thanks yaaa...banyak yang nanyain kabar tentang baby...sekarang aku update deh...

Reguler Check Up
Tanggal 2 kemaren, kita ke dokter lagi buat reguler checking...ternyata our baby udah gede euy...udah punya jari pulak...Puji Tuhan...semuanya normal....

Dokter sampai mengakui klo ini baby emang aktif...pas scanner masuk ke womb my baby lagi tidur...trus dokter gerakin scanner sana-sini checking ini itu...gak lama...si baby bergerak...kayaknya dia kesel karna di toel-toel ama dokter...hihihihihi...gerakan dia lucu banget...kita sampe bisa tau dia lagi seneng ato lagi kesel...tapi abis gitu tidur lagi...hihihihi...lucuuuuuu...

Down Syndrome Test
Tanggal 6 dokter udah buat schedule buat aku untuk test down syndrome...jadi pagi-pagi jam 9 kurang aku dan torkis udah sampe di hospital...kli ini test dilakukan di hospital karna clinic yang di paragon gak punya alatnya...

Registrasi gak makan waktu lama...trus karna kita masih punya waktu lama sebelum giliran...kita berdua breakfast dulu...abis breakfast...kembali ke lab buat test... si nurse bilang gak boleh pass urine sampe test selesai...ups...untung tadi pas breakfast gak minum banyak"...

Tiba giliranku...kita masuk ke satu ruangan untuk scanning...alatnya seperti ultrasound tapi lebih canggih...dan kali ini scanning dari luar gak perlu dari dalam...cukup dipermukaan perut aja...

FYI nih....Down syndrome (DS) is a condition in which extra genetic material causes delays in the way a child develops, and often leads to mental retardation.
down syndrome test itu untuk mendeteksi ketebalan leher bagian belakang, besarnya kepala dan ukuran kaki...Jika leher bagian belakang tebar dan besarnya kepala tidak normal...maka itu berarti si baby cacat ato ada yang gak benar gitu deh...

Biasanya test dilakukan antara week 11 dan 14, sebelum sizenya baby gede...klo aku tebak sih salah satu alasan kenapa dilakukan pada waktu itu karna jika hasil test membuktikan something wrong with the baby...maka aborsi adalah salah satu pilihan, pilihan yang lain keep the baby...well itu cuman nebak doang...penjelasan ilmiahnya gak tau...lebih tepatnya gak mau tau...hehehehehe...

OK sekian FYI...pas si nurse scanning, ternyata si baby lagi tidur dan posisinya gak tepat...baby harus tidur terlentang supaya leher bagian belakang bisa di measure...jadi aku disuruh keluar, minum 2 cups of water yang akhirnya aku minum 3 cups atas saran torkis...trus nunggu 30 menit...katanya dengan minum air....jadi lebih clear dan membantu baby pada posisi yang tepat...

Chromosome test
Selama menunggu aku do blood test dulu untuk chromosome test *klo gak salah nih*, jadi ada beberapa jenis keadaan tidak normal pada baby di deteksi dari blood sang ibu...

Kita masuk ke lab dan kemudian diambil darah...aku pikir sih ambil darah mah gak serem, karna sebelumnya aku udah 3 kali ikut blood test dan semuanya lancar...tapi tidak untuk kali ini...hiks...aku dapat nurse yang baru *kli ya*...pertama di lengan (atas siku)...dia nusuk sembarangan ternyata darah gak keluar...jadi jarum suntik yang ada didalam di gerak"in dia nyari tempat yang OK...wiiiiiuuuuuuuhh...sakiiiittt...torkis sampe mijat" bahuku berusaha buat aku relax tapi tetep aja sakit banget...

Akhirnya dia cabut jarum suntik, dia bilang kita coba tempat yang lain...kli ini diatas telapak tangan...dia cari baik" trus akhirnya dapat...dan dia tusuk....ooooooooowwwwwww....kali ini jarum baru masuk aja udah sakit banget...menurut dia itu emang tempat ngambil darah yang paling menyakitkan...ternyata darah juga gak keluar *salah tempat lagi*...trus dia mulai menggerak-gerakkan jaruh didalam...sakkkiiiiiiiiiitttt...gak sadar air mataku udah deras keluar...torkis sampe protes...tapi kasian juga si nurse jadi panik gitu...

Akhirnya pertolongan datang...satu nurse senior datang...dia langsung ambil alih dan dalam satu tusukan langsung berhasil...dia keliatan marah banget ama nurse yang pertama karna seharusnya aku gak merasa sakit seperti itu...tapi aku mah lega aja udah selesai...

Nurse yang kedua baik banget...dia masih mijat" tanganku sampe beberapa menit...checking yang teliti barusan dia bilang aku bisa keluar...Hhhhhh...legaaaaaaaaaaa...hehehehe...

Alhalsil...ditanganku ada 2 tensoplas bertengger...hehehehe...

Gak lama setelah itu...kita masuk lagi untuk scanning kedua...ternyata si baby udah bangun...dan lucunya...dia lagi berdiri dan dancing...hahahahahaha...kita semua ketawa liat tingkah si baby...rasa sakit akibat disuntik hilang sudah liat my baby yang lucu...hihihihi....tapi once again...kita harus keluar, minum 1 more cup of water dan nunggu 30 menit lagi...

Menjelang 30 menit kedua...aku udak gak tahan pengen pipis...untung nursenya baek dan sabar...mereka pada kasih semangat buat nahan pipis...hahahaha...klo diingat" lucu juga....

Pas di scanning lagi *ketiga kalinya*...baby lagi tidur dengan pulas dan posisi masih salah...nurse minta aku miring ke kanan...biasanya posisi itu buat baby bergerak...5 menit...scanning lagi...tetep aja...trus aku miring kekiri...tetap aja...kayaknya baby lagi tidur pulas...

nurse bilang...emang susah scanning ini karna baby harus diposisi yang bener...biasanya para pasien harus nunggu setengah hari...torkis langsung kaget, dia kan harus masuk kantor...klo sampe setengah hari berarti dia harus apply half-day leave...aku minta dia pergi aja, kan tinggal scanning tapi dia juga gak mau...

Kali ini nurse minta aku tidur telungkup...posisi yang gak enak buat ibu hamil...tapi tetep aja aku jalanin...demi suksesnya test dan torkis bisa cepat ke kantor...tapi....once again...baby tidur dengan pulasnya...torkis sampe ngajak ngomong si baby...ngerayu biar dia mo bergerak ke posisi yang benar...hihihihihi....

Nurse punya ide *cemerlang*...aku disuruh pass urine dikit dulu...dia bilang itu gak sesuai prosedur tapi sometimes bisa menolong, jadi dicoba dulu deh...

Aku ke toilet...pipis dikit aja...gak boleh semuanya...trus aku pegang perut dan ngomong ke baby "baby...daddy itu udah telat ke kantor, kan kasian daddy...ayo dong terlentang bentaar aja yaaa..." trus aku balik lagi ke ruang ultrasound...

Amazing...baby sudah pada posisi yang tepat...Puji Tuhan...akhirnya nurse mulai ngukur ini itu...sebelum baby kembali ke posisi awal...tapi ternyata baby pinter banget, dia tetap dia posisi yang sama bahkan nurse sempat scanning cari tau jenis kelamin...iiihhhhhh keliatan...hehehehehe...cuman si nurse bilang harus nunggu beberapa minggu untuk pastikan jenis kelaminnya....so kita tunggu aja deh..

Hasil Test
2 hari setelah test...kita ke dokter lagi...dokter keliatan senang banget...dia bilang hasil testnya bagus banget...

Down syndrome...untuk orang seumuran aku *28 taon*...
normal = 1:821
hasil testku = 1:16396
artinya It affects 1 in every 821 babies born, tapi punyaku 1 in every 16396 babies born...

Chromosome test...
normal = 1:1606
Hasil testku = 1:32113
artinya It affects 1 in every 1606 babies born, tapi punyaku 1 in every 32113 babies born...

Kedua test itu tinggak akurasinya 80% tapi dokter bilang hasil testku menunjukan 100% the baby is healthy...Praise the Lord...

Aku semalam gak bisa tidur gara" gastric kumat...jadi pas ke dokter rada melayang" gitu...tapi bgitu dengar berita gembira...aku langsung berasa sehat banget...hehehehe...

Our baby is a healthy baby...Praise the Lord...

Comments

Anonymous said…
selamat ya ria, smoga babynya sehat terus..mamanya jg..udah ketauan gendernya blom?cewe/cowo yg penting sehattt yaa..
Anonymous said…
riaaa :) turut happy yaaa buat si bebiiii :) :) mudah2an tetep lancar2 terusss sampe due ..
Kita berdua ikut senang denger berita bahagia ini. Kita doakan supaya kehamilan Ria lancar-lancar ajah... GBU!
Anonymous said…
aow, cuma bisa narik napas kak ria, rumit memang jadi calon ibu. saya mah gak akan merasakan ini.

tapi gakpapa, perhatian kak ria akan berbuah baik bagi si adik kelak. Thank Jesus posisi si baby ternyata gak masalah. tetanggaku ada yang -katanya sih- posisi bayi di kandungannya gak beres. tapi Tuhan Yesus tolong kak ria toh, selamat ya...
My Story said…
duh senangnya baca postingan kamu. calon bayi yg sehat dan kuat. Aku jg pernah mengalami byk test ria. Anak pertama, aku mengalami miscarriage dan utk anak kedua aku control ke Mount Elizabeth Hospital S'pore, kan dari Batam dekat yah. Proses pemeriksaan dan kontrol di s'pore bagus banget dan para dsog nya eunak utk diajak konsultasi dan sharing.Dulu sewkt aku blood test pernah kesulitan ambil darah, krn venaku terlalu halus kt nursenya, aku sempat down dan pucat, si nurse nggak hilang akal, dia ambil hair dryer dan hangatin tanganku yg keringat dingin, sambil ditepuk tepuk, akhirnya bisa deh. Dan utk anak yg ketiga (aku tetap menghitung anakku yg misccarriage), kami memutuskan kontrol di batam saja dan Puji Tuhan kedua putriku tumbuh sehat dan cantik..he3x..muji diri sendiri.Take care ya ria. GBU
Anonymous said…
Halo salam kenal ya :) Congratulations for your pregnancy, selamat juga hasil down syndrome test nya bagus :) Itu lah enaknya di Spore, semua serba di test heheh :)
Icha said…
alo.. alo... selamat ya..test nya bagus... pengennya cowok ato cewek nih??? hehehehe
miraykemuning said…
Hallo Ria, puji Tuhan untuk semua hasil test yang menggembirakan. Bayi saya sudah masuk bulan ke 5, dan saya juga pernah mengalami hal2 yang Ria alami kecuali test DS, pertimbangannya karena kami sudah lama nunggu bayi ini, kami akan terima dia apa adanya dan kami percaya Tuhan selalu beri yang terbaik. GBU yaa...
Anonymous said…
Oh...Puji Tuhan ya Rii, hasilnya semua baik :)..Yg adiknya Kevin gw cuman regular check up aje, di tanya-in sih ame dokter mo test down syndrome, kita putusin untuk ngga lakuin..percaya aje deh kita pasti si baby di perut-ku sama sehatnya sama kaya baby-nya Ria & Torkis :)...jaga kondisi teyus say :). GBU

XXX Shierly
http://www.freewebs.com/shierlynet/homepage.html
nie said…
waduh repot jg ya mau scanning gitu aja, kak! Hehehe...
puji Tuhan, sherly ikut seneng hasil testnya bagus :) GBU kakak!
* said…
selamat ya Ria n Torkis... hasil testnya bagus semua... moga2 semua lancar2 terus.....
test nya banyak ya... aku cuma test darah (HIV, rubella, hepa, gitu2 deh) sama USG aja sampe kunjungan terakhir kemaren... iya, seneng banget liat bayi kecil dah bisa gerak2 gitu ya :)
cika said…
ikutan seneng baca semuanya lancar dan sehat. semoga gitu terus sampe melahirkan yaaa...
kapan nih kita ngerumpi lagi? :D

Popular posts from this blog

Surprise di awal tahun

NO maid + no BS = ?

Siang & Malam